Polsek Kuta Himbau Wisatawan Untuk Minimalkan Kesempatan Pelaku Kejahatan

tribratanewsntb.com – Sabtu (21/01). Konsep dasar terjadinya sebuah kejahatan adalah bertemunya niat dan kesempatan pada diri seorang calon pelaku. Berdasarkan analisa dan hasil evaluasi Kepolisian Resor Lombok Tengah (Polres Loteng) meyakini bahwa usaha preventifnya dalam menekan jumlah korban dari tindak pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curat), Pencurian dengan Kekerasan (Curas), dan Pencurian Kendaraan Bermotor(Curanmor) di tempat wisata  Pantai Selatan Lombok Tengah (Pantai Kuta, Pantai Selong Blanak, dll) sudah sangat maksimal. Namun pada kenyataannya kejadian yang menimpa wisatawan masih mendominasi.

“karena pelaksanaan patroli dinilai telah maksimal, maka kami akan mencoba menekan kesempatan yang tercipta dari kelalaian wisatawan. Dari sini kami akan mengedepankan Pihak Pengamanan dari ITDC dan BKD untuk melakukan patroli sekaligus himbauan” beber Kepala Kepolisian Sektor Kuta IPTU Akmal.

Tindakan Aparat Kepolisian beserta petugas pendukung pelaksana keamanan dan patroli akan percuma apabila calon korban menutup mata terhadap keselamatan dan keamanannya bahkan hingga menyepelekan hal – hal kecil di sekitar.

Faktanya sebagian besar penyebab terjadinya kejahatan ialah kelalaian wisatawan dalam memproteksi barang berharganya dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Contohnya saja banyak sekali kami mendapat informasi dan temukan bahwa wisatawan (terutama wisatawan asing) meninggalkan sepeda motor dan barang berharga lainnya di tempat yang jauh dari pengawasan kadang bisa sampai setengah kilometer jauhnya.

“tidak jarang Aparat Kepolisian, BKD, serta masyarakat yang peduli mengamankan barang-barang tersebut. Bahkan memanggil kembali pemilik agar memindahkan barangnya ke tempat yang lebih aman. Oleh karena itu, Kami akan mencoba meminimalisir hal-hal seperti ini untuk menyempurnakan preventif yang kami laksanakan”. terangnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close