Pengawalan Kunjungan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Di Kota Bima

19 Januari, 2017
180 Views

Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr. Ir. M BASUKI HADIMULJONO, M.Sc beserta rombongan mengunjungi jembatan Kodo yang rusak karena banjir

Tribratanewsntb_Bima Kota, Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr. Ir. M BASUKI HADIMULJONO, M.Sc beserta rombongan Rabu (18/01/2017) pukul 11.47 wita  tiba dikantor Walikota Bima dan disambut langsung oleh Walikota Bima  dan selanjutnya Walikota Kota Bima dengan Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memasuki ruang rapat Walikota Bima untuk melakukan rapat yang membahas tentang Rehabilitasi dan Rekontruksi untuk Kota Bima kedepannya, Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Walikota Bima H. QURAIS H ABIDIN, Wakil Bupati Bima, Dandim 1608 Bima, Kepala BNPD provinsi, dan Kepala Dinas PU Kab. Bima. Adapun susunan acara dalam rapat tersebut antara lain :

Sambutan dari Wali Kota Bima yang intinya ucapan terima kasih kepada Menteri beserta rombongan sekaligus menceritakan kronologis singkat terjadinya banjir di Kota Bima dan penyebab terjadinya Banjir, Wali Kota Bima menyiapkan Tim Siaga Bencana Kelurahan namun tidak efektif karena listrik dan jaringan komunikasi pada saat itu terputus. Dilaporkan kerugian infrastruktur mencapai 637 M serta 3 PDAM rusak karena arus air yang dibawa banjir menyebabkan Masyarakat Kota Bima kekurangan air bersih, yang dibutuhkan sekarang yaitu :

Perbaikan Spam Air Bersih yang saat ini mengalami kerusakan dan mengakibatkan kurangnya air bersih di Kota Bima, Perbaikan kondisi jembatan di Kel. Kodo I Kec. Rasanae Timur Kota Bima saat ini sudah dibuatkan jembatan darurat oleh PU Pusat yang bisa menahan beban maksimal 20 Ton.

Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr. Ir. M BASUKI HADIMULJONO, M.Sc beserta rombongan mengunjungi rumah warga yang rusak karena banjir

Pola hidup Masyarakat yang tinggal disekitar bantaran sungai mencapai 1463 unit rumah akan direlokasi ke tempat yang lebih layak dan pihak Pemerintah Kota Bima sedang meninjau ulang lokasi tersebut agar berjalan sesuai dengan Program yang direncanakan dan alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca Banjir di Kota Bima sebesar Rp. 1.643.706.218.264,-

Tanggapan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr. Ir. M BASUKI HADIMULJONO, M.Sc yang intinya menyampaikan permintaan maaf karena baru bisa berkunjung ke Kota Bima dan selanjutnya ada beberapa hal yang perlu disampaikan pada saat ini yaitu kami pasti akan membantu dalam pemulihan Kota Bima ini seperti sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan dan untuk sungai kami akan membantu kembali untuk menormalisasikan, kami akan menyiapkan bahan serta meninjau mana rumah – rumah ataupun bangunan yang perlu diprioritaskan untuk dipindahkan.

Sedangkan penyampaian dari Tim Penanggulangan Sungai Ir. IMAM SANTOSO yang intinya yaitu untuk sungai dirasa lebarnya sudah cukup namun ada titik – titik yang perlu untuk diperlebar dikarenakan apabila sungai tersebut melimpah maka akan meluap ke perkampungan dan sementara untuk mengantisipasi dihimbaukan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah bekas banjir ke sungai karena sudah banyaknya sampah – sampah yang sudah berhimpitan disungai yang mengakibatkan macetnya saluran air sungai sehingga naiknya debit air ke permukaan.

Dan untuk penyampaian dari Wakil Bupati Bima yang intinya yaitu Bencana Banjir Bandang juga terjadi diwilayah Kab. Bima meliputi Kec. Belo, Kec. Woha, Kec. Palibelo, Kec. Langgudu, Kec. Ambalawi Kab. Bima yang perlu diperhatikan oleh pemerintah pusat karena di Kec. Langgudu juga terjadi kerusakan Rumah sebanyak 5 unit rumah dan 1 Sekolah.

Selanjutnya penyampaian dari Kepala BNPB Provinsi yang intinya yaitu akan melakukan koordinasi ditingkat Provinsi untuk menormalisasikan situasi di Kota Bima dan peningkatan pengawasan terhadap bencana banjir, dan dilanjutkan penyampaian dari Kepala Dinas PU Kab. Bima yang intinya yaitu Program penanganan banjir harus memperhatikan jangka panjang hingga 10 tahun kedepan maka harus memperhatikan kondisi alam akibat kelakuan manusia yang lupa terhadap lingkungan.

Kegiatan rapat tersebut berakhir pukul 12.13 wita selanjutnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beserta rombongan didampingi Walikota Bima langsung turun ke lapangan guna mengecek proses normalisasi. Adapun kegiatan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beserta rombongan antara lain :

Pukul 12.40 wita Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beserta rombongan melakukan peninjauan Jembatan yang Roboh pasca terjadinya Banjir Bandang Kota Bima bertempat di Lingk. Kodo I Kel. Kodo Kec. Rasanae Timur Kota Bima, pada pukul 13.04 wita Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beserta rombongan melakukan peninjauan di Lokasi kegiatan normalisasi sungai tepatnya di Jembatan Lingk. Ngaro Bae Rt.15 Rw. 05 Kel. Rabadompu Barat Kec. Raba Kota Bima.

Selanjutnya pukul 13.25 wita Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beserta rombongan melakukan peninjauan di jembatan Padolo I Kel. Dara Kec. Rasanae Barat Kota Bima dan pukul 13.36 wita Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beserta rombongan melakukan peninjauan di TPI bertempat di Kel. Tanjung Kec. Rasanae Barat Kota Bima dimana lokasi tersebut tempat bermuaranya sungai Padolo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melakukan normalisasi di TPI tersebut guna kelancaran saluran sungai.

Pukul 13.50 wita Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beserta rombongan meninggalkan wilayah Kota Bima menuju ke Rumah Makan BBA untuk selanjutnya menuju ke Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

Kegiatan ini dilakukan Pengamanan dan pengawalan oleh puluhan personil Polres Bima Kota dibawah pimpinan Kapolsek Rasana’e Timur IPDA Rusdin,S.Sos. (Humas Polres Bima Kota)

You may be interested

Penyuluhan Tentang Bahaya Lahgun Narkoba
Reskrim
shares1 views
Reskrim
shares1 views

Penyuluhan Tentang Bahaya Lahgun Narkoba

DIT NARKOBA - Okt 20, 2017

Mataram _ Bamin Opsnal Dit Res Narkoba Polda NTB melaksanakan giat rutin untuk memberikan binluh tentang bahaya penyalahgunaan narkoba kepada…

2 Pemuda Pelaku Curas Digelandang Ke Mapolres Lotim
Binkam
shares6 views
Binkam
shares6 views

2 Pemuda Pelaku Curas Digelandang Ke Mapolres Lotim

Polres Lotim - Okt 20, 2017

[caption id="attachment_41563" align="alignleft" width="380"] TIM OPSNAL POLRES LOTIM SAAT MELAKUKAN UPAYA PENANGKAPAN[/caption] Selong - Aparat dari Kepolisian Resor Lombok Timur…

Atasi Konflik, Kapolres Bima Gelar Mediasi
Binkam
shares6 views
Binkam
shares6 views

Atasi Konflik, Kapolres Bima Gelar Mediasi

Polres Bima Kabupaten - Okt 19, 2017

[caption id="attachment_41559" align="aligncenter" width="300"] Kapolres Berserta Danramil, Sekcam, dan Seluruh Kades Kec. Woha[/caption] Panda - Kamis (19/10) Telah terjadi konflik yang…

Leave a Comment

Your email address will not be published.