DALMAS POLDA NTB MEMBERIKAN KEAMANAN BAGI MASYARAKAT

17 Januari, 2017
114 Views

memberikan himbauan kepada securty Grand Pesona Monjok

Tribratanewsntb.com- Mataram. HAK atas rasa aman merupakan bagian penting dari perwujudan hak asasi manusia yang paling fundamental. Setiap orang pasti membutuhkan rasa aman. Konsekuensinya, keamanan adalah komponen penting untuk menciptakan keadaan agar hak atas rasa aman pada masyarakat bisa dipenuhi dengan sebaiknya. Hak atas rasa aman tampaknya masih menjadi barang mahal bagi masyarakat di NTB khususnya di daerah mataram itu sendiri. Aksi kejahatan terjadi di mana-mana, seperti pencurian dan perampokan terutama di wilayah perumahan. Kejadian tersebut sangat meresahkan masyarakat secara umum sehingga memunculkan suatu kondisi ketakutan akan kejahatan perampokan (fear of crime) pada masyarakat atau bahkan masyarakat sendiri.

berdialogis dengan Securty Grand Pesona Monjok

Oleh karenanya, Pada hari Senin 16 Januari  2017 , Ton 2 Ki 1 Subdit Dalmas , Dit Sabhara Polda NTB , yang dipimpin langsung oleh BRIPKA IMBING SUSANTO kami melaksanakan patroli rutin dengan melaksanakan dengan mengunjungi Perumahan Griya Pesona Monjok dan Grand Muslim kemudian dilokasi tersebut anggota berdialogis dengan petugas jaga yang sedang bertugas dan para security pun merasa terbantu karena adanya polisi patroli. Berdasarkan hasil patroli di perumahan ini, situasi kamtibmas aman dan kondusif dan kami sebagai anggota dalmas polda NTB memberikan 8 tips dalam menghindari pencurian dan perampokan dalam rumah:

  1. Selalu cek pintu dan jendela saat keluar

Pintu dan jendela merupakan celah utama bagi para maling untuk menerobos masuk ke rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengunci pintu dan jendela saat keluar rumah atau saat hendak tidur. Jika perlu tambahkan teralis pada jendela Anda.

  1. Gunakan kunci ganda

Demi keamanan rumah Anda, pastikan membuat gembok ganda untuk rumah Anda. Jadi, tidak hanya satu kunci, tapi masih ada gembok atau kunci tambahan (missal, selot/grendel atas dan bawah) yang membuat rumah Anda semakin aman.

  1. Pastikan lampu depan menyala

Apabila rumah Anda sering kosong karena pulang larut malam, pastikan gunakan lampu depan otomatis. Posisi lampu yang menyala dapat membantu mengecoh maling, karena mereka pikir rumah tersebut berpenghuni. Rumah yang gelap menjadi celah yang memudahkan maling masuk.

 

  1. Pasang CCTV atau kamera

Pasang CCTV atau kamera

Jika ingin lebih mudah memantau kondisi keamanan rumah, Anda bisa memasang CCTV atau kamera pengintai di area tertentu yang memudahkan Anda untuk memonitor rumah.

 

  1. Selalu waspada dengan tamu tak dikenal

Ada sebagian maling yang menyamar sebagai tamu untuk menggambar kondisi rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu waspada terhadap tamu atau orang tak dikenal yang datang ke rumah Anda.

  1. Simpan barang berharga di tempat yang aman

Jika memiliki barang berharga, pastikan menyimpannya di tempat yang aman dan tersembunyi. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan jasa bank untuk menyimpan barang-barang berharga Anda.

  1. Catat nomor-nomor penting

Sebagai langkah antisipasi, pastikan Anda mencatat nomor-nomor telepon petugas keamanan terdekat, kantor polisi, tetangga terdekat, pak RT, dan lainnya. Jadi, ketika ada sesuatu yang mencurigakan, Anda bisa langsung menghubungi nomor tersebut.

  1. Biasakan bangun di sepertiga malam terakhir

Bangun di sepertiga malam terakhir termasuk salah satu cara untuk menjaga rumah dari incaran maling. Seperti yang kita tahu, sepertiga malam terakhir adalah waktu dimana kebanyakan manusia terlelap dalam mimpinya. Dengan begitu, maling leluasa menyatroni rumah Anda. Tapi jika Anda terjaga pada waktu itu, otomatis rumah Anda akan terhindar dari incaran maling

menyambangi Pos ronda Yang ada di perumahan Grand Muslim Lingkar Selatan

Dan kami sebagai  anggota dalmas yang melakukan patroli tidak lupa memberikan himbauan Kepada semua warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Kewaspadaan syarat mutlak meminimalkan bahaya. Sebab selain peningkatan kinerja aparat kepolisian, yang tak kalah penting adalah peran serta masyarakat menjadi kunci bagi pencegahan aksi-aksi kriminalitas di masyarakat.

Semoga dengan hadirnya kami di tengah tengah masyarakat dapat memberikan rasa nyaman dan aman. Tidak lupa dalam pemberian apel konsolidasi setelah pelaksanaan tugas patroli BRIPKA IMBING berpesan  “kita di gaji rakyat,berarti kita pelayan rakyat laksanakan amanat itu dengan tulus dan ikhlas”. (M.M)

 

You may be interested

Polisi Amankan 12 Juru Parkir Liar
Binkam
shares4 views
Binkam
shares4 views

Polisi Amankan 12 Juru Parkir Liar

Polres Mataram - Des 19, 2017

Mataram - Kerap terjadi parkir liar dan tukang parkir yang tidak memiliki izin, Pihak kepolisian Polres Mataram melakukan razia pada…

Miris Anak Usia 15 Tahun, Terciduk Saat Transaksi Narkoba
Headline
shares4 views
Headline
shares4 views

Miris Anak Usia 15 Tahun, Terciduk Saat Transaksi Narkoba

Polres Mataram - Des 19, 2017

Mataram - Bhabinkamtibmas dan masyarakat mengamankan tiga orang yang sedang elakukan transaksi narkoba pada hari Minggu (17/12). "Ketiga orang tersebut…

Berusaha Kabur, Pelaku Curat Berhasil Diringkus
Reskrim
shares6 views
Reskrim
shares6 views

Berusaha Kabur, Pelaku Curat Berhasil Diringkus

Polres Mataram - Des 19, 2017

Mataram - Team Opsnal Unit Reserse Kriminal Polsek Narmada berhasil meringkus pelaku curat pada hari ini Senin (18/12). "Pelaku berusaha…

Leave a Comment

Your email address will not be published.