Kota Bima Banjir Lagi, Polres Bima Kota Kerahkan Personil Evakuasi Warga

14 Januari, 2017
88 Views

Luapan air saat sore dan malam hari

Tribratanewsntb_Bima Kota, Rasa khawatir akan terjadinya banjir sepertinya tak henti-henti di rasakan oleh warga Kota Bima, kemarin sore Jumat (13/01/2016) sekitar pukul 14.30 wita s/d 18.00 wita hujan dengan intensitas sedang-deras di Wilayah Kec. Wawo Kab. Bima dan seputaran Kota Bima.

Akibat hujan tersebut menyebabkan debit air pada sungai yang berada di Wilayah Wawo melintasi Lampe Kec. Rasanae Timur dan bermuara di sungai Padolo Kel. Dara Kec. Rasanae Barat Kota Bima meluap, selain sungai tersebut  sungai Nungga, Ntobo, Panggi, Penaraga yang berada di Kota Bima pun ikut meluap.

Sekitar pukul 17.30 wita luapan air sungai mulai memasuki pemukiman warga. Adapun Kelurahan yang terdampak luapan air diantaranya Kel. Rabadompu Timur Kec. Raba (bantaran kali), Rw 02 Kel. Manggemaci Kec. Mpunda, Lingk. Suntu Kel. Pane Kec. Rasanae Barat, Kel. Paruga Kec. Rasanae Barat : Lingk. Sigi, Cabang Empat Pasar Raya, Komplek pertokoan, Rt 01, 02, 03, 04 Kel. Dara Kec. Rasanae Barat : Terminal Dara, jalan seputaran jalur Amahami, Kel. Tanjung Kec. Rasanae Barat.

Evakuasi warga di Gunung Raja

Melihat hal ini Kepolisian Resor Bima Kota bersama Polsek Rasana’e Barat langsung bertindak cepat dengan mengerahkan pesonilnya untuk membantu mengevakuasi warga yang rumahnya terkena luapan air dan menghimbau warga agar segera mencari lokasi yang datarannya lebih tinggi untuk mengantisipasi datangnya banjir besar, selain itu juga melakukan pengaturan lalu lintas dan menutup akses jalan yang menuju ke lokasi banjir agar masyarakat pengguna jalan tidak terjebak banjir.

Dari beberapa lokasi yang tergenang luapan air, tinggi luapan air sekitar ukuran mata kaki sampai selutut orang dewasa, kejadian banjir ini menyebabkan beberapa masyarakat mengungsi ke beberapa tempat yang danataraha lebih tinggi yakni di Gunung Raja/Dana Traha Kel. Dara Kec. Rasanae Barat Kota Bima sebanyak 25 Orang/8 KK, dengan memasang/ menempati 3 tenda dan dua kios diseputaran Gunung Raja/Dana Traha yang berasal dari masyarakat Kel. Dara Kec. Rasanae Barat Kota Bima, Kel. Tanjung Kec. Rasbar dengan jumlah pengungsi 7 KK /20 orang bertempat di gedung tingkat SMP 13  Tanjung Kota Bima.

Anggota Polsek Raasana’e Barat mendata warga yang mengungsi karena banjir

Hingga pukul 24.05 wita kemudian luapan air  yang menggenangi pemukiman warga sudah surut/kering sehingga sebagian warga kembali untuk membersihkan rumah masing-msing sedangkan sebagian warga Kel. Dara masih berada dipengungsian karena kondisi jalan menuju rumahnya masih tergenang air.(Humas Polres Bima Kota)

You may be interested

Polsek Lambu Berhasil Membubarkan Perjudian Sabung Ayam Di Tiga Tempat
Reskrim
shares5 views
Reskrim
shares5 views

Polsek Lambu Berhasil Membubarkan Perjudian Sabung Ayam Di Tiga Tempat

Polres Bima Kota - Okt 16, 2017

[caption id="attachment_41288" align="alignleft" width="334"] Kapolsek Lambu Beserta anggota saat membubarkan perjudian sabung ayam[/caption] Bima Kota – Tidak henti-hetinya polisi memberantas…

Laporan Kapolres, Polda NTB Dapat Respon Baik Dari Masyarakat
Binkam
shares5 views
Binkam
shares5 views

Laporan Kapolres, Polda NTB Dapat Respon Baik Dari Masyarakat

adminpolda 2 - Okt 16, 2017

[caption id="attachment_37394" align="alignnone" width="600"] mako polda ntb[/caption] Mataram - Respon masyarakat terhadap kinerja Polda NTB menurut Wakapolda NTB Kombes Pol.…

Gelar Operasi Antik, Hari Pertama Polres Sumbawa Ringkus Pengedar Narkoba
Umum
shares9 views
Umum
shares9 views

Gelar Operasi Antik, Hari Pertama Polres Sumbawa Ringkus Pengedar Narkoba

Polres Sumbawa - Okt 16, 2017

Sumbawa Besar -  Operasi Antik Gatarin 2017 telah dimulai tepatnya pada pukul 00.00 Wita pergantian waktu tadi (16/10). Operasi dengan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.