POLRES MATARAM MELALUI SAT BINMAS MELAKUKAN PENYULUHAN GOES TO SCHOOL

www.tribratanewsntb.com –  Mataram, Polres Mataram melakukan penyuluhan yang dilaksanakan oleh Kasat Binmas Polres Mataram AKP I Ketut Sukiada bersama anggota Binmas dan Bhabinkamtibmas Dasan Agung AIPTU Poedja melakukan penyuluhan terhadap siswa – siswi SMKN 2 Mataram pada hari ini Rabu (11/01/2017). Kegiatan penyuluhan kamtibmas yang dirangkai juga dengan kegiatan sosialisasi SKCK Online yang dilakukan oleh Satuan Intelkam Polres Mataram.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Mataram AKBP Herri Prihanto., S.I.K juga turut hadir untuk memberikan penyuluhan kepada siswa – siswi SMKN 2 Mataram. Dalam kegiatan tersebut Kapolres Mataram didampingi juga oleh Kepala Sekolah dalam melakukan penyampaian penyuluhan kepada siswa – siswi SMKN 2 Mataram. Dalam kesempatan tersebut Kapolres menyampaikan penyuluhan tentang kenakalan remaja, SKCK Online dan tentang bagaimana proses penerimaan Polri.

penyuluhan yang disampaikan oleh Kapolres Mataram Herri Prihanto., S.I.K

Pada kegiatan tersebut Kasat Binmas juga menyampaikan materi penyuluhan tentang bahayanya tawuran antar pelajar yang sering terjadi dikalangan anak sekolahan, sebab disaping itu merugikan diri sendiri dan orang lain. Tawuran juga merupakan perbuatan melanggar hukum dan berakibat siswa dapat dikeluarkan dari sekolah hingga yang terberat adalah dipenjara. Oleh karena itu siswa – siswi diberikan pengetahuan agar tidak melakukan tawuran, karena tawuran sama sekali tidak ada manfaatnya malah dapat merusak dirisendiri.

Dikesempatan itu juga Satuan Intelkam Polres Mataram menyampaikan penyuluhan tentang SKCK online, SKCK merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak Kepolisian yang berisikan tentang catatan kejahatan seseorang. Surat ini hanya bisa diterbitkan kepada masyarakat yang tidak/belum pernah melakukan kejahatan hingga surat itu dikeluarkan. SKCK juga merupakan salah satu persyaratan dihampir setiap tempat untuk melamar pekerjaan dan keperluan lainnya. SKCK yang biasanya dibuat dengan cara mendatangi kantor kepolisian terdekan, tetapi dengan seiring dengan perkembangan technologi yang berkembang SKCK telah menggunakan sistem online. Hal tersebut guna memudahkan masyarakat untuk membuat SKCK.

 

Kegiatan yang berlangsung beberapa jam tersebut disambut baik oleh pihak sekolah dan siswa – siswi yang menghadiri kegiatan tersebut, dalam kegiatan tersebut para siswa – siswi secara bergantian untuk bertanya kepada Kapolres Mataram, Kasat Binmas maupun Anggota Satuan Intelkam. Dari sekian banyak pertanyaan, paling banyak siswa siswi yang bertanya tentang bagaimana cara penerimaan Polri, dari situ kita dapat lihat bagaimana kecintaan siswa – siswi kepada pihak kepolisian yang membuat siswa – siswi ingin ikut mengabdikan dirinya sebagai anggota kepolisian.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close