Latihan Kesiap Siagaan Dalmas Polda NTB Menjelang Rencana Tabliq Akbar

11 Januari, 2017
155 Views

Anggota Dalmas Polda NTB yang sedang sikap siaga dalam latihan.

Tribratanewsntb.com Mataram – Pada hari Rabu 11 Januari 2017, Dalmas POLDA NTB melaksanakan Latihan Lapis Ganti dari dalmas awal ke dalmas lanjut guna  mempersiapkan personil mengamankan pelaksanan Tabliq Akbar yang rencananya dilaksanakan pada hari Kamis 12 Januari 2017 di kawasan Islamic Center Nusa Tenggara Barat. Tabliq Akbar yang diprediksi akan mendatangkan banyak  masa ini akan menjadi tugas dari Dalmas Polda NTB untuk mengamankan berjalannya acara sebab tidak menutup kemungkinan ada pihak-pihak yang memiliki kepentingan lain untuk memprovokasi sehingga akan menimbulkan kerusuhan, mengingat pada tahun 2017 akan ada banyak agenda Pemilukada di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Latihan yang dimulai dari pukul 07.30 wita tersebut merupakan bentuk kesiapan Dalmas POLDA NTB dalam memberikan rasa aman bagi warga masyarakat yang beraktifitas di sekitar Lokasi acara serta menjamin tidak akan  menimbulkan kerusuhan yang dapat merugikan kita semua.

Gerakan Letakkan perlekapan yang dilaksanakan anggota Dalmas

Dalam pelaksanaan latihan telah dilakukan berbagai simulasi-simulasi untuk menagani unjuk rasa mulai dari tahapan Dalmas Awal ke tahapan Dalmas Lanjut, tahap Dalmas Awal yang terdiri dari 1 Pleton Dalmas POLDA NTB, tahap Dalmas Lanjutan yakni 1 Kompi Dalmas POLDA NTB. Dari tahapan-tahapan tersebut merupakan lankah-langkah petugas aparat kepolisian dalam melaksanakan pengamanan unjuk rasa berdasarkan peraturan Perkap dan Undang-undang. Maka dari itu personil-personil yang telah terlatih tersebut akan selalu siap siaga jika sewaktu-waktu akan terjadi situasi-situasi kontijensi seperti kerusuhan.

Simulasi AWC sedang menyemprotkan air kepada massa yang rusuh.

Latihan ini juga merupakan suatu kegiatan pelatihan personil Dalmas Polda NTB guna meningkatkan kemampuan setiap anggota dalam menangani setiap unjuk rasa maupun kerusuhan, sebab unjuk rasa juga merupakan salah satu pelayanan kepolisian terhadap warga Negara Indonesia yang ingin menyampaikan pendapat, selama unjuk rasa itu dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

Oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir dan risau sebab POLDA NTB selalu siap untuk melayani rakyat. Mari kita galangkan juga untuk tidak melakukan agenda-agenda lain pada acara Tabliq Akbar yang dapat  memberikan dampak negative bagi semua, serta bagi pihak-pihak yang bertujuan untuk memicu keributan sebab itu tidak akan menyelesaikan permasalahan malah itu akan menambah permasalahan. Beritahukan kepada keluarga, tetangga, dan masyarakat sekitar lingkungan untuk tidak cepat terpancing akan isu-isu dari pihak-pihak yang tidak diketahui dasar tujuannya. Karena pasti akan banyak orang-orang yang berkepentingan akan mengambil keuntungan dari acara tersebut. Dan apabila itu benar-benar terjadi Kepolisian Polda NTB akan menjadi yang terdepan mencegah hal tersebut, maka marilah kita bersama-sama berdoa agar situasi Kamtibmas di wilayah Nusa Tenggara Barat tetap aman dan damai. (OPERATOR TON 3 KI 2)

You may be interested

Polisi Amankan 12 Juru Parkir Liar
Binkam
shares4 views
Binkam
shares4 views

Polisi Amankan 12 Juru Parkir Liar

Polres Mataram - Des 19, 2017

Mataram - Kerap terjadi parkir liar dan tukang parkir yang tidak memiliki izin, Pihak kepolisian Polres Mataram melakukan razia pada…

Miris Anak Usia 15 Tahun, Terciduk Saat Transaksi Narkoba
Headline
shares4 views
Headline
shares4 views

Miris Anak Usia 15 Tahun, Terciduk Saat Transaksi Narkoba

Polres Mataram - Des 19, 2017

Mataram - Bhabinkamtibmas dan masyarakat mengamankan tiga orang yang sedang elakukan transaksi narkoba pada hari Minggu (17/12). "Ketiga orang tersebut…

Berusaha Kabur, Pelaku Curat Berhasil Diringkus
Reskrim
shares6 views
Reskrim
shares6 views

Berusaha Kabur, Pelaku Curat Berhasil Diringkus

Polres Mataram - Des 19, 2017

Mataram - Team Opsnal Unit Reserse Kriminal Polsek Narmada berhasil meringkus pelaku curat pada hari ini Senin (18/12). "Pelaku berusaha…

Leave a Comment

Your email address will not be published.