IRING-IRINGAN BEJOLIAN LANCAR MENYUSUR JALAN DESA, DIBAWAH KAWALAN POLISI YANG SIAP HUJAN-HUJANAN

10 Januari, 2017
92 Views

ANGGOTA POLSEK SUKAMULIA GIAT PENGAMANAN JALUR

tribratanewsntb.com_Sukamulia – Salah seorang masyarakat di Dusun Nyiur Tebel, Desa Dasan Lekong, Kecamatan Sukamulia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Haji Yusuf, menggelar pesta kesenian tradisional Bejolian dalam rangka hajatan khitanan anaknya, pada Minggu (8/1/16).

Bejolian adalah kuda-kudaan yang terbuat dari kayu dan ada orang yang duduk menunggang di atasnya, biasanya anak atau kerabat sang empunya hajat, serta digotong oleh empat orang diarak keliling sepanjang jalan kampung atau desa.

Kali ini, jumlah Bejolian yang diarak sebanyak 11 pasang. Diarak dua kali: pagi dan sore. Hujan yang turun tak menyurutkan semangat iring-iringan Bejolian untuk keliling desa. Begitu pula warga yang menyaksikan iring-iringan ini.

Untuk menjaga kelancaran dan keamanan iring-iringan, petugas Kepolisian telah siaga. Tampak hadir Kanit Sabhara Polsek Sukamulia Aipda Amin, bersama dua orang anggotanya dan Bhabinkamtibmas Desa Dasan Lekong Brigadir Muryadi, untuk melakukan pengamanan.

Para petugas ini telah siaga sejak pukul 07.00 Wita, saat iring-iringan Bejolian mulai bergerak. Iring-iringan pagi ini selesai pada pukul 11.00. Dan dilanjutkan kembali di sore hari sekitar pukul 15.00 Wita.

Di bawah guyuran hujan, petugas tampak tetap semangat mengatur arus lalu-lintas di penggal-penggal jalan yang dilalui iring-iringan Bejolian.

Berkat pengawalan petugas dari Polsek Sukamulia, kegiatan kesenian tradisional Bejolian ini berjalan dalam keadaan aman dan lancar. Walau arak-arakan keliling jalan Desa Dasan Lekong ini berlangsung dalam guyuran hujan.

Di samping kegiatan Bejolian, khususnya di wilayah hukum Polres Lombok Timur, sering ada kegiatan masyarakat lainnya yang disebut Nyongkolan, semacam adat Sasak berupa iring-iringan pengantin, baik pengantin perempuan yang datang ke rumah pihak pengantin pria maupun sebaliknya, yang biasanya diiringi dengan kesenian Kecimol atau Gendang Belek dan iring-iringan orang, keluarga, serta kerabat. Semua kegiatan-kegiatan ini selalu menjadi atensi pengawalan dan pengamanan dari jajaran Polres Lombok Timur.(ARº³)

You may be interested

Jajaran Polres Mataram Turun Kejalan Amankan Aksi Solidaritas Untuk Palestina
Umum
shares3 views
Umum
shares3 views

Jajaran Polres Mataram Turun Kejalan Amankan Aksi Solidaritas Untuk Palestina

Polres Mataram - Des 17, 2017

Mataram - Sekitar 250 orang yang tergabung dalam aliansi Solidaritas Dunia Islam turun kejalan pada hari ini Minggu (17/12). "Setelah…

Mengenal SM, Residivis Begal Yang Video Penangkapannya Sempat Viral Di Media Sosial
Featured
shares4 views
Featured
shares4 views

Mengenal SM, Residivis Begal Yang Video Penangkapannya Sempat Viral Di Media Sosial

Polres Lombok Tengah - Des 16, 2017

[caption id="attachment_1994" align="alignleft" width="360"] SM dan beberapa barang bukti (14/12)[/caption] Praya – Sabtu (16/12) beberapa hari belakangan ini, warga dunia…

Basah-Basahan, Polisi di Dompu Bantu Masyarakat yang Terkena Banjir
Binkam
shares8 views
Binkam
shares8 views

Basah-Basahan, Polisi di Dompu Bantu Masyarakat yang Terkena Banjir

Polres Dompu - Des 16, 2017

[caption id="attachment_44749" align="alignnone" width="300"] Personil polres dompu saat membantu warga mendorong sepeda motor yang macet[/caption] Dompu - Hujan deras bahkan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.