TARIF KENAIKAN PNBP DI SAMSAT LOTIM SUDAH DIBERLAKUKAN

7 Januari, 2017
142 Views

KONDISI HARI PERTAMA DIANIKANNYA PNBP DI KANTOR SAMSAT LOTIM

Selong -tribratanewsntb.com Sebagaimana telah ditetapkan bahwa pada tanggal 6 Januari 2017, Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 yang mengatur kenaikan tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP) lingkup Polri. Maka, pada Jum’at (6/1) kemarin, institusi polri di seluruh Indonesia telah mulai memberlakukan tarif baru sesuai dengan ketentuan yang ada dalam PP tersebut. Demikian halnya di Lombok Timur. seperti yang disampaikan Korektor Samsat Selong, AIPTU I Nengah Darta di Selong kemarin.

Menurutnya, Peraturan Pemerintah tersebut secara resmi diberlakukan mulai 6 Januari ini. Sehingga, dalam pengurusan penerbitan maupun perpanjangan STNK akan mengalami kenaikan tarif. Namun disampaikannya bahwa, masih banyak masyarakat yang belum memahami secara utuh Peraturan Pemerintah tersebut. Sehingga, banyak sekali masyarakat yang berbondong-bondong melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya di bawah tanggal 6 Januari untuk menghindari kenaikan tarif. Padahal, kenaikan tarif yang diatur dalam PP tersebut bukan menyentuh nilai pajak. Sebab, PP Nomor 60 Tahun 2016 ini mengatur kenaikan tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Adanya aksi bayar pajak kendaraan bermotor massal oleh masyarakat di bawah tanggal 6 Januari itu dinilai I Nengah Darta akibat dari kesalahan informasi yang diterima masyarakat yang mengira pajak kendaraan juga akan ikut mengalami kenaikan yang bisa mencapai 2 atau 3 kali lipat.

Pemberlakuan tarif baru untuk penerbitan surat kendaraan bermotor di Lombok Timur pada hari pertama berjalan dengan lancar. Sebab, pihak kepolisian sudah sering melakukan sosialisasi sebelumnya melalui media cetak dan elektronik serta melalui pemasangan spanduk. Sehingga, masyarakat banyak yang sudah memahami pelaksanaannya.

Dengan diberlakukannya PP yang menaikkan biaya pengurusan penerbitan surat kendaraan bermotor, diharapkan mampu juga meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Atas hal ini, I Nengah Darta menegaskan bahwa pihak Samsat Selong akan berusaha secara maksimal dalam memberikan pelayanan yang baik dan memudahkan bagi masyarakat Lombok Timur.

“Di hari pertama, pelayanan Samsat Selong berjalan lancar. Begitupun seterusnya akan diupayakan secara maksimal agar masyarakat mendapatkan kemudahan dalam melakukan pengurusan penerbitan maupun perpanjangan surat kendaraan bermotor yang dimiliki”, terang I Nengah Darta. (yief)

You may be interested

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar
Binkam
shares0 views
Binkam
shares0 views

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar

Polres Lobar - Des 18, 2017

Lembar - Saimah, seorang ibu umur 50 tahun kebingungan mencari anaknya yang menurut kabar pergi diam-diam akan pergi ke Bali…

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis
Umum
shares2 views
Umum
shares2 views

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis

DIT PAMBOVIT - Des 18, 2017

[caption id="attachment_44791" align="alignnone" width="640"] Tim Patroli Dit Pamobvit Polda NTB saat berdialog dengan pengunjung wisata An. Bp Imam di Pantai…

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan
Reskrim
shares2 views
Reskrim
shares2 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan

DIT NARKOBA - Des 18, 2017

Mataram - Paur Anev Bin Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Aiptu Syamsudin memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunan Narkoba di Rutan Polda…

Leave a Comment

Your email address will not be published.