Apel Bhabinkamtibmas Dalam Rangka Antisipasi Ancaman Teror Pada Perayaan Natal Dan Tahun Baru 2017

27 Desember, 2016
48 Views

Sambutan Kapolda

tribratanewsntb.com – Mataram, Sesuai dengan perkap nomor 3 tahun 2015 tentang pemolisian masyarakat, dalam pasal 27 menegaskan bahwa tugas pokok dari Bhabinkamtibmas adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini, dan mediasi atau negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa atau kelurahan. Maka melalui kegiatan kunjungan dari rumah ke rumah pada seluruh wilayah penugasannya, seorang Bhabinkamtibmas dapat melakukan deteksi dini terhadap setiap perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat, sebagaimana yang di tekankan Kapolda NTB kepada anggota Bhabinkamtibmas Dalam acara apel Bhabinkamtibmas dalam rangka antisipasi ancaman teror pada perayaan Natal dan Tahun baru 2017.

Apel Bhabinkamtibmas oleh Kapolda NTB dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal (23/12) di Gedung Sasana Dharma Polda NTB, pukul 09.00 wita. Kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polda NTB, yang diikuti oleh Pejabat Utama Polda NTB dan para Kapolres jajaran Polda NTB, kecuali Kapolres Mataram dan Bhabinkamtibmas Polres Mataram yang mengikuti pengarahan melalui video Confrence (Vicon).

Foto Bersama

Dalam arahannya Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Umar Septono SH. MH. Kepada media Tribratanewsntb.com menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas di jajaran Polda NTB yang telah melaksanakan tugas pokoknya dengan baik sehingga kondisi di lapangan dapat dikelola dengan baik dan terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif.

“Ucapan terima kasih kepada seluruh Bhabinkamtibmas di jajaran Polda NTB yang telah melaksanakan tugas pokoknya dengan baik. Pelaksanaan tugas-tugas kepolisian di lapangan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kondisi di lapangan dapat dikelola dengan baik sehingga dapat terwujud situasi kamtibmas yang kondusif” ungkap Kapolda NTB.

Kapolda NTB juga mengatakan keberadaan Bhabinkamtibmas telah banyak memberikan kontribusi positif terhadap kegiatan harkamtibmas khususnya di wilayah hukum Polda NTB, ini akan berdampak pada semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dimana Bhabinkamtibmas telah  menyelesaikan permasalahan warga masyarakat melalui kegiatan mediasi (problem solving) di tingkat Desa atau Kelurahan, yang dapat berhasil menurunkan angka kejahatan (crime total) secara signifikan.

“Keberadaan Bhabinkamtibmas telah banyak memberikan kontribusi positif terhadap kegiatan harkamtibmas khususnya di wilayah hukum Polda NTB, ini akan berdampak pada semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat (public trust) terhadap kinerja Polri. Dimana Bhabinkamtibmas telah mencoba memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Bhabinkamtibmas telah  menyelesaikan permasalahan warga masyarakat melalui kegiatan mediasi (problem solving) di tingkat Desa atau Kelurahan, dapat berhasil menurunkan angka kejahatan (crime total) secara signifikan. Berdasarkan data yang ada sampai akhir tahun 2016, kasus yang terjadi di masyarakat berjumlah 23.266 yang telah dilaporkan sebanyak 8.987 yang telah dimediasi oleh Bhabinkamtibmas sebanyak 14.279 kasus, yang mana dapat  penghematan anggaran sebesar Rp. 2.998.590.000,-“ Sambung Kapolda.

Jenderal bintang satu ini juga mengatakan pembinaan kemampuan terhadap personel Bhabinkamtibmas perlu dilakukan untuk memberikan wawasan dan keterampilan dalam menganalisa situasi dan kondisi yang ada di lapangan serta seorang Bhabinkamtibmas harus memiliki keterampilan deteksi dini komunikasi sosial, negosiasi dan mediasi, kepemimpinan dan pemecahan masalah sosial.

“Pembinaan kemampuan terhadap personel Bhabinkamtibmas perlu dilakukan untuk memberikan wawasan dan keterampilan dalam menganalisa situasi dan kondisi yang ada di lapangan. Melalui apel Bhabinkamtibmas ini, saya selaku Kapolda NTB ingin memberikan atensi, khususnya dalam rangka antisipasi sitkamtibmas jelang perayaan Natal dan Tahun baru 2017 serta seorang Bhabinkamtibmas harus memiliki keterampilan deteksi dini, komunikasi sosial, negosiasi dan mediasi, kepemimpinan dan pemecahan masalah sosial” paparnya. [viiiz]

You may be interested

Polsek Sape Musnakan Barang Bukti Miras Selesai Upacara HUT RI Ke-72
Binkam
shares1 views
Binkam
shares1 views

Polsek Sape Musnakan Barang Bukti Miras Selesai Upacara HUT RI Ke-72

Polres Bima Kota - Agu 18, 2017

[caption id="attachment_37219" align="alignleft" width="335"] Kapolsek Sape AKP ARUFUDDIN , S.Sos, M.Si bersama unsur muspika dan tokoh masyarakat saat melakukan pemusnahan…

Tim Opsnal Membubarkan Sabung Ayam
Reskrim
shares5 views
Reskrim
shares5 views

Tim Opsnal Membubarkan Sabung Ayam

Polres Bima Kota - Agu 18, 2017

Bima Kota – Dalam rangka mencegah adanya penyakit masyarakat di Kota Bima terutama judi, miras dan protitusi, Kepolisan Resor Bima…

Dalmas Polda NTB Tetap Semangat Meningkatkan Kamtibmas di Malam Hari
Binkam
shares8 views
Binkam
shares8 views

Dalmas Polda NTB Tetap Semangat Meningkatkan Kamtibmas di Malam Hari

DIT SABHARA - Agu 18, 2017

Mataram - Direktorat Sabhara Polda NTB Subdit Dalmas. Kriminalitas memang tidak hanya terjadi disiang hari, malam hari pun menjadi waktu…

Leave a Comment

Your email address will not be published.