POLRES LOMBOK TIMUR GIAT APEL GELAR PASUKAN OPS LILIN GATARIN 2016

22 Desember, 2016
91 Views

KAPOLRES LOTIM PADA SAAT PENGECEKAN APEL GELAR PASUKAN OPS LILIN 2016

tribratanewsntb_Selong – Polres Lombok Timur telah melaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Gatarin 2016 di lapangan Apel Polres Lombok Timur. pada hari Rabu (22/12/16) pada pukul 08.00 Wita.

 

Apel Gelar Pasukan melibatkan beberapa unsur terkait, diantaranya 1 peleton gabungan Pejabat Perwira Polres Lotim serta para Kapolsek jjrn Polres Lotim, 1 peleton TNI AD Kodim 1615 Lotim, 1 peleton Subden 2 Den B Satbrimobda Polda NTB, 1 peleton Satsabhara Polres lotim, 1 peleton Sat Lantas Polres Lotim, 1 peleton gabungan Sat Reskrim / Sat Narkoba Res Lotim, 1 peleton Sat Intelkam Res Lotim, 1 peleton Staf Polres Lotim, 1peleton gabungan Polsek Polres Lotim, 1 peleton Dinas Perhubungan Kab. Lotim, 1 peleton SatPol PP Kab.Lotim, 1 peleton BNPB (SAR) Kab.Lotim, 1 peleton Staf PNS Polres Lotim, 2 peleton Pramuka Saka Bhayangkara Polres Lotim dan beberapa tamu undangan dari Muspida Kab.Lombok Timur.

 

Disamping itu, pada saat yang sama dilibatkan pengelaran kendaraan dinas R4 dan R2 , masing-masing kendaraan Operasi Polres Lombok Timur, kendaraan R2 Bhabinkamtibmas Polres Lotim, kendaraan R4 BNPB Kab.Lotim, kendaraan DamKar dan kendaraan Ambulance Kab.Lotim.

KAPOLRES LOTIM MEMBACAKAN AMANAT KAPOLRI

Kapolres Lombok Timur AKBP Wingky Adhityo Kusumo, S.I.K., M.H. selaku irup Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2016 berkenan melakukan pemeriksaan pasukan dan membacakan “Amanat Kapolri” dengan poin-poinnya amanat:

 

  • Adanya beberapa aksi teror di beberapa tempat, konflik berkepanjangan di beberapa Negara dan perlambatan ekonomi yang melanda dunia.

 

  • Beberapa kejadian tersebut berimplikasi terhadap kondisi keamanan dalam negeri, adanya aksi boom di Samarinda dan Singkawang menunjukkan adanya potensi gangguan kamtibmas, intoleransi, dan peningkatan suhu politik sebagai akibat dari pelaksanaan pilkada serentak Tahun 2017.

 

  • Berbagai ancaman gangguan tersebut menjadi tantangan Polri dan seluruh elemen terkait, khususnya dalam menjaga dan mengamankan pelaksanaan ibadah Natal dan Tahun Baru 2017.

 

  • Diprediksi akan terjadi mobilisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya, munculnya konsentrasi masyarakat di tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandara, terminal dan lain-lain, hal ini perlu diantisipasi , untuk itu Polri menggelar “Operasi Lilin 2016” selama 10 hari, dari tanggal 23 Desember 2016 s.d 1 Januari 2017. Di dalam Operasi ini dikedepankan Preentif dan Preventif yang didukung kegiatan Intelijen dan Penengak Hukum secara tegas serta profesional.

 

  • Dalam Operasi Lilin Tahun ini Polri menggelar sebanyak 85.744 personel Polri yang dibantu oleh gabungan dari personel TNI , Sat Pol PP, DisHub, DinKes, Pramuka dan Jasa Raharja secara keseluruhan berjumlah 55.130 personel.

 

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres Lotim selaku Irup, ada beberapa penekanan antara lain:

 

  1. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

 

  1. Siapkan fisik dan mental guna pelayanan prima kapanpun dan dimanapun.

 

  1. Siapkan Sarpras dan dukungan logistik guna kelancaran dan keberhasilan operasi.

 

  1. Laksanakan tugas dengan tulus dan penuh rasa tanggungjawab.

 

  1. Penggelaran personel harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

 

  1. Lakukan tindakan proaktif dan antisipatif terkait ancaman aksi teror, cegah kegiatan sweeping yang dilakukan oleh pihak yang tidak berwenang.

 

  1. Laksanakan tindakan hukum secara tegas dan profesional terhadap setiap pelanggaran hukum.

 

  1. Perkuat kerjasama dengan semua instansi dan semua unsur masyarakat.

 

Dalam akhir amanatnya, Kapolri mengucapkan “Selamat Hari Natal Tahun 2016 bagi yang merayakannya, dan Selamat Tahun Baru 2017 ”

 

Kegiatan Apel gelar pasukan Operasi Lilin Gatarin 2016 dengan berakhir pada pukul 08.45 Wita dengan berjalan aman, tertib dan lancar. (ARº³)

You may be interested

Dalmas Polda NTB : Kami Tak Gentar Hadapi Aksi Terorisme
Binkam
shares2 views
Binkam
shares2 views

Dalmas Polda NTB : Kami Tak Gentar Hadapi Aksi Terorisme

DIT SABHARA - Agu 21, 2017

Mataram - Maraknya ancaman teroris yang berkembang akhir-akhir ini di Indonesia memberikan sinyal bahaya bagi masyarakat sipil terlebih aparat kepolisian…

Belajar Dari Kejadian di Barcelona, Polda NTB Perkuat ‘Buddy System’
Headline
shares2 views
Headline
shares2 views

Belajar Dari Kejadian di Barcelona, Polda NTB Perkuat ‘Buddy System’

adminpolda 7 - Agu 21, 2017

[caption id="attachment_37390" align="alignnone" width="540"] ilustrasi teroris[/caption] Mataram - Serangan teror kelompok berakal prematur masih belum usai, bukan hanya di Indonesia,…

Polisi Gagalkan Peredaran 15 Poket Sabu di Gomong
Umum
shares7 views
Umum
shares7 views

Polisi Gagalkan Peredaran 15 Poket Sabu di Gomong

adminpolda 2 - Agu 21, 2017

[caption id="attachment_37407" align="alignnone" width="700"] release narkoba subdit ii[/caption] Mataram - Sebanyak 15 poket narkoba jenis sabu siap edar berhasil digagalkan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.