PENGAMANAN AKSI UNJUK RASA DARI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) DAN LEMBAGA DAKWAH KAMPUS (LDK) STISIP MBOJO BIMA

20 Desember, 2016
72 Views

Massa aksi melakukan blokir jalan bertempat di cabang empat gunung dua Kota Bima.

Tribratanewsntb_Bima Kota, Aksi unjuk rasa dari Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Cabang Bima,  Senin (19/12/2016)  pukul 12.00 wita  sebelumnya berkumpul di Depan Kampus STKIP Bima dan melakukan konvoi dengan menggunakan satu unit mobil pick up warna hitam Nopol B 9891 SAE Sound Sistem dan Bendera SMI warna putih dengan jumlah massa sekitar 100 orang, sebagai Koorlap aksi Sdra. RANGGA, yang akan melaksanakan aksi unjuk rasa terkait memperingati RAKERNAS SMI ke-5 dengan mengangkat permasalahan Pendidikan dan Pasar Bebas, tujuan aksi DPRD Kab. Bima dan Kantor Walikota Bima dan Cabang Empat Gunung Dua Kota Bima.

Pukul 12.45 wita massa aksi tiba di Kantor DPRD Kab. Bima dan langsung melakukan orasi yang intinya menyampaikan adanya beberapa permasalahan yang ada di wilalah Bima seperti halnya pendidikan dan pertanian karena ketidak mampuan pemerintah untuk menangani dan mencarikan solusi terkait permasalahan tersebut. Kebijakan yang diambil oleh pemerintah hari ini merupakan kebijakan politik yang hanya berpihak terhadap pemerintah saja dan tidak memberikan kontribusi terhadap masyarakat banyak. Kemudian sekitar pukul 13.30 wita massa aksi melakukan aksi bakar ban di pagar depan Kantor DPRD Kab. Bima sebagai bentuk kekecewaan karena tidak pihak dari DPRD Kab. Bima yang menemui massa aksi.

Massa aksi dari Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Cabang Bima melakukan orasi di depan kantor Pemkot Bima

Selanjutnya pukul 14.00 wita massa aksi melanjutkan aksinya di Kantor Walikota Bima dan langsung melakukan orasi yang intinya Pemerintah dianggap kurang peduli terhadap pendidikan. Permasalahan pendidikan gratis saat ini belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat. Hal tersebut dirasakan sangat membebani masyarakat Bima yang notabeni bekerja sebagai petani.

Pukul 14.30 wita massa aksi membacakan Pernyataan Sikap :

  1. Lawan sistem Pasar Bebas dan MEA
  2. Tolak perjanjian yang meliberalisasi ekonomi bangsa Indonesia.
  3. Lawan kapitalisasi Pendidikan.
  4. Hapus sistem uang kuliah tunggal, berikan transparansi anggaran pendidikan.
  5. Berikan jaminan kebebasan berserikat dan beraspirasi di lingkungan kampus (Cabut SK Dikti 26/2002 dan regulasi anti demokrasi pendidikan).
  6. Tolak Politik upah murah dan cabut PP 78/2015.
  7. Hentikan kekerasan terhadap gerakan rakyat (kriminalisasi buruh, drop out mahasiswa, kriminalisasi tani).
  8. Berikan jaminan sosial terhadap pemuda,  KMK dan keluarga Nelayan.

Sosuli Kesejahteraan Rakyat Indonesia :

  1. Wujudkan Reforma Agraria Sejati.
  2. Nasionalisasi Aset-aset Strategis di bawah  Kontrol Rakyat.
  3. Bangun Industrialisasi Nasionalisasi Kuat dan Mandiri.
  4. wujudkan Pendidikan gratis,  Ilmiah,  Demokratis,  Bervisi Kerakyatan.
  5. Saatnya Bangun Alat Politik Rakyat sejati Untuk Pembebasan Nasional  Melawan imperalisme.

Pukul 14.50 wita massa aksi melakukan orasi di Cabang Empat Gunung Dua Kota Bima dengan memblokir jalan membentuk lingkaran membakar ban sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan mahasiswa serta mengibarkan bendera SMI. Aksi blokir jalan tersebut dilakukan oleh massa aksi sebagai bentuk kekecewaan massa aksi karena tidak dapat bertemu dengan pihak DPRD Kab. Bima dan pihak Walikota Bima.

Serangkaian kegiatan tersebut berakhir pada pukul 15.30 wita berjalan dengan aman dan lancar serta dilakukan pengamanan oleh Personil Polsek Rasanae Barat, Satu Unit Sat Lantas dan Dalmas Sat Sabhara Polres Bima Kota yang dipimpin oleh WakaPolsek Rasanae Barat IPTU SALEH.(Humas Polres Bima Kota)

You may be interested

Gesit, TKP Lotim Tapi Pelaku Dapat Diungkap Oleh Tim Opsnal Polres Loteng
Featured
shares1 views
Featured
shares1 views

Gesit, TKP Lotim Tapi Pelaku Dapat Diungkap Oleh Tim Opsnal Polres Loteng

Polres Lombok Tengah - Agu 20, 2017

[caption id="attachment_37325" align="alignleft" width="300"] Pelaku dan Barang bukti yang berhasil diamankan (19/08)[/caption] Praya – Sabtu (19/08). mungkin masih terbawa dengan…

NKRI Harga Mati, Pancasila Tetap di Hati
Binkam
shares2 views
Binkam
shares2 views

NKRI Harga Mati, Pancasila Tetap di Hati

DIT SABHARA - Agu 20, 2017

Mataram - (19/08) Suasana malam minggu di Kota Mataram selalu ramai dengan aktivitas anak muda dan sejumlah kelompok pemuda yang…

Kapolda NTB Serukan, Tidak Perlu Takut Ancaman Teror, Kita Harus Lawan
Binkam
shares4 views
Binkam
shares4 views

Kapolda NTB Serukan, Tidak Perlu Takut Ancaman Teror, Kita Harus Lawan

adminpolda 2 - Agu 19, 2017

[caption id="attachment_33694" align="alignnone" width="700"] Kapolda NTB Brigadir Jenderal Polisi Drs. firli, M.Si[/caption] Mataram - Diserukan Kapolda NTB Brigadir Jenderal Polisi…

Leave a Comment

Your email address will not be published.