Pengamana Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa BEM STISIP Bima

14 Desember, 2016
60 Views
unras-bem-stisip-bima

Massa aksi di tanggapi oleh Sdra. M. CHANDRA KUSUMA selaku Kabag Humas dan Protokol Setda Kab. Bima

Tribratanewsntb_Bima Kota, Aksi Unjuk Rasa dari BEM STISIP Bima, Selasa (13/12/2016) pukul 10.30 wita di kampus STISIP Bima yang  menggunakan Satu Unit kendaraan R4 Jenis Pick Up warna hitam Nopol EA 9436 S dan Sound Sistem, dengan jumlah massa sekitar 40 orang sebagai Koorlap aksi Sdra. FIRDAUS, yang akan melaksanakan aksi unjuk rasa terkait memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, dengan tujuan aksi DISDUKCAPIL Kab. Bima, DPRD Kab. Bima dan Kantor Bupati Bima.

Pukul 11.10 wita massa aksi tiba di Kantor DISDUKCAPIL Kab. Bima dan langsung melakukan orasi yang intinya terkait penanganan dan pelayanan dalam pembuatan dokumen kependudukan diantaranya pembuatan KTP, KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian dan Surat Pindah serta Akte Pengakuan Anak dilakukan pemungutan biaya secara liar (Pungli). Hal tersebut dinyatakan melanggar UU Nomor 24 Tahun 2013 Pasal 79A yang menyatakan bahwa dalam pembuatan dokumen kependudukan tidak lagi dilakukan pemungutan / penarikan biaya (Gratis).

Pukul 11.30 wita Sdra. ARIFIN S.Si selaku Kasi Penyuluhan SDM DISDUKCAPIL Kab. Bima menanggapi tuntutan massa aksi yang intinya menyampaikan terkait UU Nomor 24 Tahun 2013 Pasal 79A, DISDUKCAPIL Kab. Bima telah melakukan rapat dengan DPRD Kab. Bima, bahwa pelaksanaaan UU tersebut akan diterapkan mulai tanggal 02 Januari 2017 secara gratis. Kemudian program DISDUKCAPIL Kab. Bima tahun 2017 yaitu pembuatan / pengurusan dokumen Kependudukan akan dilaksanakan di tiap-tiap Desa menggunakan anggaran dari Desa setempat dan DISDUKCAPIL Kab. Bima.

 

Selanjutnya pada pukul 12.15 wita massa aksi melanjutkan aksinya di Kantor DPRD Kab. Bima dan massa aksi langsung diterima oleh Sdra. RUSLAN selaku Kasubag Humas DPRD Kab. Bima yang menjelaskan bahwa Pihak DPRD Kab. Bima sedang melaksanakan dinas luar / kegiatan Reses ke Kecamatan-Kecamatan di Kab. Bima. Kemudian massa aksi menyerahkan surat pernyataan sikap kepada Kasubag Humas DPRD Kab. Bima untuk disampaikan kepada pihak DPRD Kab. Bima.

Pukul 13.45 wita massa aksi melanjutkan orasinya di Kantor Bupati Bima yang intinya menyampaikan terkait adanya pungutan / penarikan biaya dalam pembuatan KTP, KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian dan Surat Pindah serta Akte Pengakuan Anak yang seharusnya gratis, harus menjadi tanggung jawab Bupati Bima selaku pejabat daerah di Kab. Bima.

Kemudian massa aksi menyampaikan pernyataan sikap diantaranya :

  • DPRD Kab. Bima, Bupati Bima dan Disdukcapil Kqb. Bima harus melaksanakan UU Nomor 24 Tahun 2013 Pasal 79A
  • Aktifkan kembali pengurusan Pfoto E-KTP yang ada di tiap-tiap Kec. di Kab. Bima.
  • Terapkan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi public.
  • Jalankan tugas dan fungsi jabatan sesuai dengan UU Nomor 28 Tahun 1999 tentang pelaksanaan pemerintah yang bersih dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).
  • Jalankan dan Patuhi UU Nomor 31 Tahun 1999 dan UU yang sudah di amandemen UU Nomor 20 Tahun 2001 pasal 11 tentang pemberantasan tindak Pidana Korupsi.

Pukul 14.20 wita Sdra. M. CHANDRA KUSUMA selaku Kabag Humas dan Protokol Setda Kab. Bima menanggapi tuntutan massa aksi yang intinya menyampaikan bahwa pemerintah Kab. Bima telah menjalankan amanat pemerintah Pusat yaitu tidak adanya pungutan / penarikan biaya dalam pengurusan dokumen kependudukan. Apabila masih ditemukan hal-hal tersebut pemerintah Kab. Bima akan melakukan perbaikan pada dinas-dinas terkait yang dianggap masih kurang dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Serangkaian kegiatan tersebut berakhir pada pukul 14.35 wita berjalan dengan aman dan lancar serta dilakukan pengamanan oleh personil Polsek Rasanae Barat dan Personil Polsek Asakota bersama anggota Sat Sabhara Polres Bima Kota yang dipimpin oleh Kapolsek Asakota IPTU LUTFHI HIDAYAT.(Humas Polres Bima Kota)

You may be interested

Launching Inspiratif Expo, Polda NTB ‘Goyang’ Car Free Day Udayana
Binkam
shares1 views
Binkam
shares1 views

Launching Inspiratif Expo, Polda NTB ‘Goyang’ Car Free Day Udayana

adminpolda 3 - Agu 20, 2017

Mataram - Inspiratif Expo dalam rangka sosialisasi pelayanan publik dari seluruh lembaga publik / SKPD di NTB yang digagas Dinas…

Gesit, TKP Lotim Tapi Pelaku Dapat Diungkap Oleh Tim Opsnal Polres Loteng
Featured
shares2 views
Featured
shares2 views

Gesit, TKP Lotim Tapi Pelaku Dapat Diungkap Oleh Tim Opsnal Polres Loteng

Polres Lombok Tengah - Agu 20, 2017

[caption id="attachment_37325" align="alignleft" width="300"] Pelaku dan Barang bukti yang berhasil diamankan (19/08)[/caption] Praya – Sabtu (19/08). mungkin masih terbawa dengan…

NKRI Harga Mati, Pancasila Tetap di Hati
Binkam
shares3 views
Binkam
shares3 views

NKRI Harga Mati, Pancasila Tetap di Hati

DIT SABHARA - Agu 20, 2017

Mataram - (19/08) Suasana malam minggu di Kota Mataram selalu ramai dengan aktivitas anak muda dan sejumlah kelompok pemuda yang…

Leave a Comment

Your email address will not be published.