POLRES MATARAM AMANKAN PERANG TOPAT

13 Desember, 2016
64 Views

perang-tupatwww.tribratanewsntb.com –  Mataram, Kata perang biasanya identik dengan pertumpahan darah, banyaknya nyawa yang melayang dan banyak hal menyeramkan lainnya, namun beda halnya dengan perang yang ada di Pura Lingsar Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Perang yang ada di Pura Lingsar ini adalah perang tupat atau yang disebut juga perang ketupat, perang topat ini merupakan kebudayaan masyarakat Lingsar yang tetap terjaga.

dsc_0049Hari ini Selasa (13/12/2016) Polres Mataram seperti tahun – tahun sebelumnya tetap mengirim jajarannya untuk mengamankan event perang tupat yang diadakan di Komplek Pura Lingsar. Event yang diikuti oleh umat Hindu dan Islam ini banyak menarik wisatawan Lokal dan Domestik untuk ikut dalam perang topat tersebut. Untuk menjaga kelancaran dan amannya kegiatan perang tupat, pihak kepolisian ikut serta dalam membantu pengamanan kegiatan tersebut untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan.

 

 

dsc_0069Perang tupat yang dihadiri oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Kapolres Mataram yang diwakili oleh Wakapolres Mataram I Made Baduarsa serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Event Perang Topat dihadiri ribuan orang sekitar pukul 16.00 Wita. Sebelum acara inti dimulai, para tamu undangan disajikan berbagai kesenian tradisional serta berbagai upacara ritual lainnya.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam sambutannya menyampaikan, Perang Topat merupakan simbul budaya betapa warga Lombok Barat bisa bersatu dalam keanekaragaman. Semangat toleransi warga tetap tinggi hingga masa-masa mendatang. “ Hidup dalam kebersamaan walaupun berbeda – beda asal muasal karena kita Bhineka Tunggal Ika,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Perang tobat dibuka dengan dilemparnya ketupat oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, masyarakat yang sudah menunggu acara puncaknya yakni perang tupat menyambutnya dengan penuh semangat. Perang tupat berlangsung dengan lancar dan aman sampai dengan selesai.(gh)

 

You may be interested

Polisi Kantongi Nama Jaringan Pengedar Narkoba di Lombok Timur
Umum
shares4 views
Umum
shares4 views

Polisi Kantongi Nama Jaringan Pengedar Narkoba di Lombok Timur

adminpolda 2 - Agu 23, 2017

[caption id="attachment_37581" align="alignnone" width="1280"] release narkoba subdit III[/caption] Mataram - Diungkapkan Kasubdit III Dit. Res Narkoba Polda NTB AKBP Anak Agung…

Bandar Narkoba Paket Besar di Lombok Timur Diamankan Polisi
Reskrim
shares5 views
Reskrim
shares5 views

Bandar Narkoba Paket Besar di Lombok Timur Diamankan Polisi

adminpolda 2 - Agu 23, 2017

[caption id="attachment_37580" align="alignnone" width="700"] release narkoba subdit III[/caption] Mataram - Bandar narkoba jenis sabu berinisial JM (43) asal Dusun Mandar,…

Aksi Protes Pengukuran Dimensi Kendaraan di Pelabuhan Lembar Berlangsung Kondusif
Binkam
shares8 views
Binkam
shares8 views

Aksi Protes Pengukuran Dimensi Kendaraan di Pelabuhan Lembar Berlangsung Kondusif

Polres Lobar - Agu 23, 2017

Lembar- para sopir, pengurus Truck (Gapterbus) dan pemilik Ekspedisi di Pelabuhan Lembar protes terkait dengan penerapan tentang ukuran dimensi kendaraan(22/08).…

Leave a Comment

Your email address will not be published.