AKSI PEDULI RINJANI “CLEAN UP RINJANI 2016”

12 Desember, 2016
174 Views
rinjani-dex

Personel brimob NTB bersama relawan lainnya melakukan pendakian dengan membawa kantong untuk tempat sampah dalam Aksi Cinta Rinjani “Clean Up rinjani 2016”

Tribratanewsntb.com-Mataram Personel dari Satuan Brimob Polda NTB turut bergabung dalam 502 peserta Aksi Cinta Rinjani bersama Satuan TNI, Polri, Basarnas, Pol. PP Provinsi NTB, Disbudpar Prov. NTB, Rinjani Core, Balai TNGR,  KPHL Rinjani Timur dan Barat, Medis dari Puskesmas Sembalun dan Senaru, Koramil, Porter dan Para Pecinta Alam (PA), yang tergabung dalam PA. Sembalun, PA. Selong, PA KLU, PA dari Mataram diikuti oleh beberapa perguruan tinggi yaitu PA.UNDRAM, PA. STMIK, PA. IKIP DAN PA.UMM,  seluruh peserta berkumpul dengan misi melaksanakan kegiatan “Clean Up Rinjani” yaitu melaksanakn kegiatan bersih – bersih di kawasan Gunung Rinjani dari sampah, kegiatan ini terkait keperihatinan terhadap kebersihan kawasan Gunung Rinjani akhir-akhir ini karena banyaknya sampah yang terlihat dan berserakan di pos-pos maupun dijalur pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani, hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran para oknum pendaki  dengan seenaknya meniggalkan dan membuang sampah di kawasan Gunung Rinjani dan tidak memiliki kesadaran untuk membawa turun kembali sampahnya dan ini sudah terjadi selama bertahun – tahun.

Peserta Aksi Cinta Rinjani ini berkumpul untuk melaksanakan “Clean Up Rinjani”, yang kegiatannya dilepas oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Amin di  Areal Hotel Nusantara Pelawangan Rinjani Lombok Timur pada  Sabtu,(10/12), untuk selanjutnya para peserta secara bersamaan berangkat melakukan pendakian  untuk aksi bersih-bersih sampah pendaki di kawasan Taman Nasional Gunung Runjani khususnya pada Pos-Pos dan sepanjang jalur pendakian kawasan Gunung Rinjani, kegiatan ini terlaksanaka selam 3 hari mulai 9 – 11 Desember 2016.

Ipda Putu Wirawan Pasi Ops Detasemen Gegana Sat brimob Polda NTB yang turut bergabung dalam Aksi Cinta Rinjani bersama relawan lainya  mengatakan  “Selama pendakian memungut sampah   disepanjang Pos-Pos persinggahan dan jalur pendakian dengan cuaca yang tidak menentu dan memasukannya kedalam kantong yang sudah disiapkan untuk dibawa turun, saya bersama anggota dan para relawan lainnya melihat fakta banyaknya sampah di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, cukup memprihatinkan dan mengganggu pemandangan Alam Sekitarnya serta kawasan terlihat kotor, khususnya sampah pelastik, hal ini cukup terlihat tidak baik bagi kawasan wisata ini juga akan dapat menggangu keseimbangan kawasan maupun ekosistemnya, saya berharap kepada para pendaki yang melakukan pendakian agar mutlak untuk membawa turun ulang sampah, tidak melakukan corat coret, tidak mebawa atau merusak tumbuhan terutama sari bunga eidelwis, mari kita jaga bersama-sama TNGR ini dan kami berharap kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan kawasan TNGR dan kegiatan seperti ini dapat dijadwalkan secara berkala serta berkesinambungan dan dikoordinir oleh pemerintah daerah untuk mengembalikan Kawasan rinjani yang bersih dan nyaman sebagai salah satu Destinasi wisata daerah kebanggaan NTB dan ini adalah tanggung jawab kita bersama” dekimian dikatakan kepada tribratanewsntb.com.

infsdex

Peserta Aksi Cinta Rinjani bersih – bersih sampah “Clean Up Rinjani 2016” oleh Personel Brimob dan TNI, Polri, perwakilan Instansi dan Relawan dari berbagai kelompok Pencinta Alam dan Relawan lainnya memunguti dan membawa turun sambah-sampah yang sudah dikumpulkan.

Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan Destinasi Wisata yang didirikan tahun 1997 dan merupakan salah satu dari 40 taman Nasional yang ada diindonesia, Gunung rinjani merupakan Destinasi dari Pulau Lombok dan memiliki sebuah danau yang berada disebelah barat kerucut Rinjani yang dikenal dengan Segara Anak. Danau tersebut terletak di ketinggian 2.000m dpl. Disana juga terdapat kaldera yang memanjang kearah timur. Air yang mengalir dari danau tersebut membentuk air terjun yang memiliki pemandangan yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang tajam dan curam. Sungguh memukau dan bisa menghipnotis siapa saja yang melihatnya keindahan Gunung Runjani sudah terdengar sampai Mancanegara, dilihat dengan banyaknya wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara berkunjung ke Kawasan ini.

Banyaknya Wisatawan yang berkunjung ke TNGR inilah yang salah satunya sebagai penyumbang sampah di kawasan ini dan menjadi harapan agar Pihak terkait mengagendakan kegiatan “Clean Up Rinjani”  Ini menjadi agenda rutin, terkait banyaknya sampah dikawasan ini, pemerintah dapat mempertimbangkan kembali untuk  membuat aturan yang tegas terkait ketentuan Pendakian Gunung Rinjani serta membuat trobosan kreatif dalam mencegah para pengunjung membuang sampah di Kawasan TNGR dan menghimbau kepada para pendaki maupun pengelola mari jadikan kawasan Gunung Rinjani bebas sampah dan bersama menjaga kawasan ini dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak Alam sekitar Kawasan Gunung Rinjani, jadikan TNGR sebagai Destinasi Wisata bersih, indah aman dan nyaman kebanggaan NTB dan Indonesia. Mari bersama kita peduli kebersihan dan kelestarian kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. (ijbm)

You may be interested

Jajaran Polres Mataram Turun Kejalan Amankan Aksi Solidaritas Untuk Palestina
Umum
shares3 views
Umum
shares3 views

Jajaran Polres Mataram Turun Kejalan Amankan Aksi Solidaritas Untuk Palestina

Polres Mataram - Des 17, 2017

Mataram - Sekitar 250 orang yang tergabung dalam aliansi Solidaritas Dunia Islam turun kejalan pada hari ini Minggu (17/12). "Setelah…

Mengenal SM, Residivis Begal Yang Video Penangkapannya Sempat Viral Di Media Sosial
Featured
shares4 views
Featured
shares4 views

Mengenal SM, Residivis Begal Yang Video Penangkapannya Sempat Viral Di Media Sosial

Polres Lombok Tengah - Des 16, 2017

[caption id="attachment_1994" align="alignleft" width="360"] SM dan beberapa barang bukti (14/12)[/caption] Praya – Sabtu (16/12) beberapa hari belakangan ini, warga dunia…

Basah-Basahan, Polisi di Dompu Bantu Masyarakat yang Terkena Banjir
Binkam
shares8 views
Binkam
shares8 views

Basah-Basahan, Polisi di Dompu Bantu Masyarakat yang Terkena Banjir

Polres Dompu - Des 16, 2017

[caption id="attachment_44749" align="alignnone" width="300"] Personil polres dompu saat membantu warga mendorong sepeda motor yang macet[/caption] Dompu - Hujan deras bahkan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.