KAPOLDA NTB MEMBERIKAN PENGAHARGAAN KEPADA POSKAMLING KUNCUP INDAH

7 Desember, 2016
138 Views
whatsapp-image-2016-12-07-at-13-05-06

Kapolda NTB memberikan Piala kepada perwakilan anggota Poskamling Kuncup Indah

Selasa, (6/12) bertempat di Lingkungan sasake Kelurahan Sasake Kec. Praya Tengah Kab. Lombok Tengah telah berlangsung kegiatan penyerahan hadiah dan piagam penghargaan kepada Juara I Lomba Poskamling tingkat Polda NTB yang diraih oleh Poskamling Lingkungan Sasake Kelurahan Sasake Kec. Praya Tengah Kab. Lombok Tengah.

Hadir dalam acara tersebut Kapolda NTB, Dir Binmas Polda NTB, Wakil Bupati Lombok Tengah, Para Kapolres Sepulau Lombok, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda Sekecamatan Praya Tengah.

Dalam sambutannya Kapolda NTB menyampaikan “tugas pokok polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang di bantu oleh bentuk-bentuk pengamanan swakarsa yaitu kreasi atau inisiatif dan upaya-upaya sendiri dari warga masyarakat untuk menciptakan keamanannya sendiri dan salah satu wujud nyata dari pamswakarsa adalah adanya kelompok kamling (keamanan lingkungan), untuk itu kesadaran masyarakat perlu digalakkan secara terus  menerus dalam menjaga keamanan lingkungannya masing-masing” imbuhnya.

“Saya juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada para Pejabat Daerah, Lurah/Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Para Stakeholder (Toga, Tomas, Todat dan Toda) serta seluruh Masyarakat yang telah berpartisipasi dan berperan aktif dalam mendukung upaya pembinaan poskamling sebagai sarana mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Sebab pembinaan terpadu sistem keamanan lingkungan selanjutnya disingkat dengan binsiskamling adalah segala usaha dan kegiatan secara bersama antara Aparat Keamanan, Aparat Pemerintahan lainnya, unsur-unsur swasta dan dengan Warga Masyarakat pada umumnya, yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian serta pedoman bagi penyelenggaraan siskamling yang diarahkan pada terwujudnya keadaan yang aman, tertib dan tentram dalam suatu lingkungan” ungkapnya.

Adapun maksud dari penyelenggaraan lomba poskamling ini adalah untuk melihat sejauh mana peran dan partisipasi Masyarakat dalam rangka meningkatkan kamtibmas.

Selanjutnya yang mendapat penghargaan pada lomba poskamling yang diadakan Polda NTB ini adalah poskamling kuncup indah Kelurahan Sasake Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah yang berhasil mendapatkan juara ke-1, juara ke-2 poskamling 01 Lingkungan Pendidikan Kelurahan Dasan Agung Baru Kecamatan Selaparang Kota Mataram dan juara ke-3 poskamling Dusun Beraringan Desa Kayangan Kecamatan Kayangan Lombok Utara.

“Saya selaku Kapolda NTB mengucapkan selamat. Penghargaan ini merupakan bentuk perhatian Polri khususnya Polda NTB dalam memberikan motivasi dan pembinaan warga Masyarakat untuk selalu peka terhadap  pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya” pungkasnya.

Kapolda juga memberikan himbauan dan pedoman dalam rangka menjaga keamanan dan ketentraman di lingkungan pemukiman Masyarakat “agar memperhatikan pengamanan diri pribadi, dengan meningkatkan kewaspadaan pada saat akan meninggalkan rumah, tidak membawa barang-barang berharga, parkir kendaraan pada tempatnya, termasuk waspada terhadap penggunaan alat-alat masak, listrik, api atau bahan bakar lainnya” paparnya.

“Untuk pengamanan keluarga atau rumah tinggal agar pasang lampu penerangan yang cukup, pagar rumah yang kokoh, kuat, tidak menutup pandangan dari luar dan dalam rumah, pemasangan kunci, dan bila akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, lebih baik dititipkan kepada keluarga atau tetangga terdekat yang dapat dipercaya” ujarnya.

“Sedangkan pengamanan fisik lingkungan pemukiman agar meningkatkan kepekaan dan rasa gotong royong serta kebersaman antar sesama warga masyarakat, mengaktifkan pelaksanan ronda kampung, penjagaan tempat-tempat tertentu seperti gudang, bangunan-bangunan serta selalu berupaya meningkatkan kemampuan dan ketrampilan warga masyarakat dalam bidang kamtibmas” tambahnya. [Viiiz]

You may be interested

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar
Binkam
shares0 views
Binkam
shares0 views

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar

Polres Lobar - Des 18, 2017

Lembar - Saimah, seorang ibu umur 50 tahun kebingungan mencari anaknya yang menurut kabar pergi diam-diam akan pergi ke Bali…

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis
Umum
shares2 views
Umum
shares2 views

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis

DIT PAMBOVIT - Des 18, 2017

[caption id="attachment_44791" align="alignnone" width="640"] Tim Patroli Dit Pamobvit Polda NTB saat berdialog dengan pengunjung wisata An. Bp Imam di Pantai…

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan
Reskrim
shares2 views
Reskrim
shares2 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan

DIT NARKOBA - Des 18, 2017

Mataram - Paur Anev Bin Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Aiptu Syamsudin memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunan Narkoba di Rutan Polda…

Leave a Comment

Your email address will not be published.