TENGOK, PERLAKUAN SEORANG POLISI TERHADAP TAHANAN

6 Desember, 2016
125 Views

rossi-pjtribratanewspolresloteng.com – menjadi seorang tahanan merupakan salah satu metode penjalanan hukuman yang diberlakukan di negeri ini dengan cara Penempatan di ruang tertutup nan sempit terkadang satu sel berisikan 3-4 orang. Namun siapa sangka dibalik tempat tinggal yang jauh dari kata layak, banyak hal yang harus diperhatikan petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dan juga petugas kepolisian hanya demi seorang “tahanan”. termasuk Aspek kesehatan hingga kebutuhan pangan dijamin adanya karena tidak semua hak seorang tahanan lenyap ketika berada di dalam sel.

Seperti yang dilakukan oleh Kepala Urusan Kesehatan (Paur Kes) BRIPKA Rossi Putra Jaya pada Senin (05/12). Yang harus mondar-mandir Mapolres Loteng ke Rumah Sakit untuk memantau perkembangan kesehatan para tahanan karena tidak jarang ada beberapa tahanan yang memang diharuskan rawat inap di Rumah Sakit Umum Praya. Di bantu oleh beberapa dari rekanannya yang bertugas di Poli Klinik Polres dari memeriksa tensi hingga terjun langsung untuk menjahit dan merawat luka dilakoninya. Dari luka ringan hingga luka berat dipantaunya.

“pengecekan ini kami lakukan secara berkala satu hingga dua minggu sekali, tanpa memandang dia adalah seorang tahanan tentu kami memerlakukan mereka sebagaimana pasien pasien yang berkunjung atau kami kunjungi.” Tuturnya.

Tentu tak banyak yang dapat dilakukan seorang BRIPKA Rossi, ketika dirasa kewalahan dan atau bukan bidangnya pasien langsung dirujuk ke Rumah Sakit terkendala personel dan alat yang kurang memadai.

“memang pangan dan kesehatan selama dalam masa tahanan menjadi tanggungan negara, tapi perlu kita sadari bahwa menjadi seorang tahanan merupakan proses hukuman dikarenakan pernah berkelut dalam tindak kejahatan atau kontra terhadap hukum. predikat Tahanan yang disandang seseorang akan berimplikasi terhadap tatanan kesosialan di tengah masyarakat, jadi mari jadilah warga negara yang baik dengan mematuhi aturan, norma dan hukum yang berlaku aga tidak berkutat dengan penjara.” Jelas AKP I Made Suparta selaku Kasubbag Humas Polres Loteng.

You may be interested

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar
Binkam
shares0 views
Binkam
shares0 views

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar

Polres Lobar - Des 18, 2017

Lembar - Saimah, seorang ibu umur 50 tahun kebingungan mencari anaknya yang menurut kabar pergi diam-diam akan pergi ke Bali…

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis
Umum
shares2 views
Umum
shares2 views

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis

DIT PAMBOVIT - Des 18, 2017

[caption id="attachment_44791" align="alignnone" width="640"] Tim Patroli Dit Pamobvit Polda NTB saat berdialog dengan pengunjung wisata An. Bp Imam di Pantai…

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan
Reskrim
shares2 views
Reskrim
shares2 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan

DIT NARKOBA - Des 18, 2017

Mataram - Paur Anev Bin Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Aiptu Syamsudin memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunan Narkoba di Rutan Polda…

Leave a Comment

Your email address will not be published.