Apel Gelar Pasukan Pilkades Serentak 2016 Dan Ikrar Pilkades Damai Di Polres Lombok Barat

6 Desember, 2016
76 Views

Tribratanewsntb.com – Para Calon Kepala Desa hari ini berkumpul di Mapolres Lombok Barat dalam rangka mengikuti Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pilkades Serentak 2016 dan Ikrar Pilkades Damai (6/12/2016). Dalam Apel tersebut selaku pimpinan Apel adalah Sekda Lobar  dan dihadiri oleh  Ketua DPRD Lobar, Kapolres Lobar AKBP I WAYAN JIARTANA SH, S,IK, M.Si, Kapolres Mataram AKBP HERI PRIHANTO, Dandim Kodim 1606 Lobar, para Pejabat Utama Polres Lobar, Kasat Pol PP, Para Camat, Para Calon Kades, Gabungan Perwira TNI / Polri dan Camat, 1 Pleton TNI AD, seluruh Personel Polres Lobar, Personel Pam TPS dari Polres Lobar, Personel Pam TPS dari Polres Mataram, dan 1 Pleton Pol PP.

Selanjutnya Pembacaan Ikrar Pilkades Damai dan penandatanganan Ikrar oleh Calon Kepala Desa yang intinya akan siap menerima hasil pemilihan Kepala Desa baik menang atau kalah, dan berjanji tidak akan mengerahkan massa serta siap ditindak secara hukum apabila melakukan tindakan – tindakan yang melanggar deklarasi damai.

Sekda Lobar dalam sambutannya membacakan sambutan dari Bupati Lombok Barat, intinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menjaga suasana daerah ini sehingga tetap kondusif. Pemilihan kepala desa yang akan berlangsung di 18 desa se-Lombok Barat ini sudah sampai pada tahapan menjelang pencoblosan. Sejauh ini memang tidak terdengar adanya gesekan di tengah masyarakat, walaupun ada riak-riak kecil sudah bisa diselesaikan dengan baik. Ini menandakan bahwa para calon maupun pendukungnya sudah bisa menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi. Walau demikian tetap melakukan antisipasi agar tahapan pelaksanaan pilkades ini tidak ternodai oleh hal-hal yang kurang baik.

Bupati menekankan bahwa para Calon Kades adalah putra-putra terbaik yang dipilih oleh masyarakat untuk dicalonkan menjadi kepala desa. Untuk itu tunjukkanlah bahwa para Calon Kades bisa menjadi suri tauladan dan pantas bagi masyarakat, baik saat mencalonkan diri menjadi kepala desa, saat terpilih maupun kalau tidak terpilih. Dalam melaksanakan kampanye harus dengan santun, jujur, dan tidak saling menjelekkan antara calon yang satu dengan lainnya. Kalah menang adalah hal yang biasa dalam sebuah kompetisi, yang menang jangan sombong dan yang kalah jangan  rendah diri. Yang menang harus merangkul yang kalah, dan yang kalah harus sportif mendukung yang menang karena semua calon pasti memiliki niat yang baik dlm memajukan desa. Apabila ada permasalahan hendaknya diselesaikan dengan cara musyawarah, jangan diselesaikan dengan cara pengerahan massa dan anarkis. Apabila cara musyawarah belum menemukan hasil, maka silahkan diianjutkan melalui jalur hukum. Bupati juga mengharapkan agar para tokoh agama dan tokoh masyarakat  berperan aktf memberikan arahan, pendapat, serta masukan yang objektif dalam pilkades, sehingga warga dapat melaksanakan pesta demokrasi di desanya dengan baik aman dan tenteram.

sebagai penutup, Bupati menekankan kepada panitia pilkades agar melaksanakan tugasnya dengan jujur dan adil. Jangan sampai berbuat kecurangan karena hal ini akan berakibat  fatal dan bisa menyebabkan terganggunya kondusifitas di desa masing-masing.

Setelah kegiatan Apel Gelar Pasukan Selesai, para Calon Kades melakukan penanda tanganan Deklarasi Damai di Aula Patriatama, dan pada kesempatan itu Kapolres Mataram menyampaikan bahwa dalam hal ini untuk Para Calon Kepala Desa terutama untuk Calon Kepala Desa Lingsar, Narmada dan Gunung Sari harus siap – siap menang dan siap – siap kalah dan untuk calon yang kalah harus sabar dan tidak boleh melakukan hal – hal yang dapat melanggar hukum, begitu juga dengan yang menang tidak boleh sombong dan jangan menjelekan calon yang kalah yang dapat membuat situasi berubah menjadi tidak kondusif.

Dandim 1606 Lobar menyampaikan bahwa ciptakan situasi Pilkades serentak ini dengan aman, tertib dan lancar. Para calon kades maupun tim sukses tidak ada yang melakukan money politik yang dapat berurusan dengan pihak aparat penegak hukum. Ag.

You may be interested

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar
Binkam
shares0 views
Binkam
shares0 views

Tanpa Pamit Ingin ke Bali, Ibu Ini Kebingungan Mencari Anaknya di Pelabuhan Lembar

Polres Lobar - Des 18, 2017

Lembar - Saimah, seorang ibu umur 50 tahun kebingungan mencari anaknya yang menurut kabar pergi diam-diam akan pergi ke Bali…

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis
Umum
shares2 views
Umum
shares2 views

Patroli Wisata Ditpamobvit Tetap Humanis

DIT PAMBOVIT - Des 18, 2017

[caption id="attachment_44791" align="alignnone" width="640"] Tim Patroli Dit Pamobvit Polda NTB saat berdialog dengan pengunjung wisata An. Bp Imam di Pantai…

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan
Reskrim
shares2 views
Reskrim
shares2 views

Binluh Tentang Bahaya Lahgun Narkoba Kepada Para Tahanan

DIT NARKOBA - Des 18, 2017

Mataram - Paur Anev Bin Opsnal Direktorat Reserse Narkoba Aiptu Syamsudin memberikan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunan Narkoba di Rutan Polda…

Leave a Comment

Your email address will not be published.