Siapa Sangka Yang Mengajarkan Cara Bertani Dan Beternak Yang Benar Ini Adalah Seorang Polisi

3 Desember, 2016
57 Views

whatsapp-image-2016-12-03-at-17-29-31tribratanewsntb.com – Berbekal pengalaman bertani dan  beternak dan hasil pelatihan pembinaan masyarakat (Binmas) Pionir tentang  agrobisnis dan agro industri di Demplot YBP Polri,  Bhabinkamtibmas Desa Bagu, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Bripka Didi Ismayadi, mencoba berbagi ilmu tentang pertanian dan peternakan dengan warga di desa binaannya.

Bahwa hampir sebagian masyarakat petani yang di jumpai di desa binaannya masih menggunakan sistim pertanian tradisional yang mengacu pada pengalaman dari bercocok tanam periode sebelumnya dengan tidak melihat musim tanam “ ucap Didi”.

Di tambahkan Didi, di samping itu juga  keterbatasan pengetahuan para petani dalam memahami dosis pemakaian insektisida, fungisida maupun herbisida serta penggunaan organik, yang seringkali di jumpai saat aplikasi pengendalian hama, tidak tepat dosis dan tidak tepat sasaran. Hal ini memicu dirinya untuk berbagi ilmu dan menerapkan tentang tata cara bertani yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal kepada seluruh warga binaannya.

Seperti yang di contohkan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bagu ini, sebut saja SA petani yang bertempat tinggal di Dusun Peneguk, Desa Bagu, yang bersangkutan melakukan pengendalian hama belalang   menggunakan insektisida pada tanaman padi menggunakan dosis 100 ml. untuk 15 liter, yang  di gabungkan   dengan  pupuk organik cair dengan tujuan untuk efisiensi tenaga, padahal apa yang di lakukan SA adalah pemborosan. insektisida tersebut dapat menyebabkan mikroba yang terkandung didalam pupuk organik cair tersebut mati.

Setelah di jelaskan oleh Didi, petani tersebut pun dapat mengerti atas kekeliruan dalam aplikasi penggunaan dosis obat-obatan pertanian. Tidak berhenti di situ saja, Didi juga aktif melaks pembinaan dan berbagi ilmu manajemen pemeliharaan dan perawatan ternak kambing PE kepada peternak kambing dan sapi tentang peluang usaha peternakan yang sudah jarang peminatnya dan agar bisa berkembang sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

You may be interested

Opeasi Bina Kusuma Amankan Pelajar Yang Membolos
Umum
shares4 views
Umum
shares4 views

Opeasi Bina Kusuma Amankan Pelajar Yang Membolos

Polres Mataram - Agu 20, 2017

Mataram - Polres Mataram yang saat ini melaksanakan Oprasi Bina Kusuma Periode II Gatarin 2017 mengamankan lima orang pelajar yang…

Polsek Narmada Ringkus Pelaku Curanmor
Reskrim
shares4 views
Reskrim
shares4 views

Polsek Narmada Ringkus Pelaku Curanmor

Polres Mataram - Agu 20, 2017

Mataram - Team Opsnal Unit Reserse Kriminal Polsek Narmada Berhasil meringkus pelaku Curanmor pada hari Rabu (16/08). Pelaku diamankan oleh…

Launching Inspiratif Expo, Polda NTB ‘Goyang’ Car Free Day Udayana
Binkam
shares3 views
Binkam
shares3 views

Launching Inspiratif Expo, Polda NTB ‘Goyang’ Car Free Day Udayana

adminpolda 3 - Agu 20, 2017

Mataram - Inspiratif Expo dalam rangka sosialisasi pelayanan publik dari seluruh lembaga publik / SKPD di NTB yang digagas Dinas…

Leave a Comment

Your email address will not be published.