POLRES LOTIM MENGAMANKAN TERDUGA PELAKU PEMBAKARAN DAN PENGERUSAKAN DI HUTAN TAMANAN INDUSTRI (HTI)

PARA TERDUGA PELAKU DIAMANKAN DI POLRES LOTIM
PARA TERDUGA PELAKU DIAMANKAN DI POLRES LOTIM

tribratanewsntb.com_Selong – Unit Buser Satreskrim dan Tim Elit SatSabhara Polres Lombok Timur. telah mengamankan 35 Orang yang diduga pelaku Pembakaran Lahan dan Pengerusakan Bibit Kayu yang akan ditanam oleh PT. SADHANA ARIF NUSA bertempat di Hutan Tanaman Industri (HTI), Desa Sendang Galih, Kec. Sambelia, Kab. Lombok Timur. Pada hari Rabu  (30/11/16) pada puku 13.00 Wita.

Pada saat kejadian pukul 09.30 Wita, Kapolsek Sambelia IPTU Zainudin Basri, Camat Sambelia H. Buhari, Kanit Intel, Kasi Trantib Abdul Khalid dan kordinator PT. SADHANA ARIF NUSA, ASMIATI sedang memberikan himbauan kepada Inaq Pandet, Ramiah Alias Inaq Rami, Supriatin Alias Pak Sri, Hermanto Alias Anto supaya tidak membakar kayu dan semak dilokasi kemitraan PT. SADHANA ARIF NUSA karena lokasi tesebut belum dibagi kepada kelompok yang lain.

Setelah diberikan himbauan RR menelpon penggarap yang lain yang ada di pos-pos  di dekat Masjid Lendang Tengak, beberapa saat kemudian AR, RR, HA, SM menuju ke atas ke pos-pos berjalan kaki setelah itu barulah AR, HA, RR membakar rumput kering di lahan HTI yang sudah di tanami kayu akasia auri yang baru berumur 7 bulan sehingga pohon kayu yang di tanam tersebut  juga terbakar.

Setelah itu penggarap yang sudah berada di atas di Pos-pos  berkumpul dan  melakukan pembakaran lahan yang di tanami kayu dan pengerusakan terhadap gentong penampung air dengan cara di tebas dengan menggunakan parang, merusak dan membakar gubuk karyawan PT. SADHANA ARIF NUSA yang terbuat dari terpal, merusak tembok gudang  yang  baru di bangun dengan cara di robohkan dan lokasi pembakaran lebih dari sepuluh titik dengan luas lahan yang di bakar sekitar 30 hektar dengan kerugian yang belum bisa diperkirakan.

ANGGOTA POLRES LOTIM MENGAMANKAN BARANG BUKTI
ANGGOTA POLRES LOTIM MENGAMANKAN BARANG BUKTI

Kemudian pada pukul 13.30 Wita, bantuan dari Polres Lombok Timur dipimpin oleh Kasat Sabara IPTU DANIEL beserta anggota Dalmas dan Tim Elit Satsabhara dan Kasat Reskrim AKP ANTONIUS FAEBUADODO GEA, S.H., S.I.K. berserta anggotanya penyidik dan Unit Buser Satreskrim Polres Lombok Timur serta gabungan Polsek Sambelia melakukan penyisiran terhadap terduga pelaku pembakaran kayu dilahan PT. SADHANA ARIF NUSA, selama 2 jam melakukan penyisiran dan berhasil mengamankan para pelaku berinsial AR, dkk serta penggarap lainnya yang berasal dari Lenek, Masbagik dan barang bukti berupa sepeda motor sebanyak 14 unit, Sajam seperti parang sebanyak 18 buah, Tombak dari Bambu yang sudah diruncingkan sebanyak 2 buah, Korek Api sebayak 8 buah dan bensin 1 botol.

Kemudian Unit Buser Satreskrim dan Tim Elit SatSabhara Polres Lombok Timur mengamanakan para pelaku dan barang bukti langsung dibawa ke Polres Lombok Timur untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Sementara situasi sampai saat ini dilokasi kejadian masih keadaan aman terkendali. (AR03)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close