Pelanggaran Helm Menjadi Dominasi Operasi Zebra Gatarin 2016

kegiatan operasi zebra gatarin 2016
kegiatan operasi zebra gatarin 2016

tribratanewsntb.com – Mataram, Direktur Lalulintas Polda NTB Kombes Pol. Budi Indra Dermawan kepadamedia tribratanewsntb.com menuturkan bahwa pelanggaran helm yang menjadi dominasi dalam Operasi Zebra Gatarin 2016 yang digelar dari tanggal 16 November hingga 29 November 2016 kemarin.

“Jenis pelanggaran yang mendominasi saat operasi Zebra Gatarin 2016 ini adalah penggunaan helm” ungkap Dir. Lantas diruang kerjanya, Kamis (1/12).

Dominasi pelanggaran tersebut merupakan jumlah pelanggaran, namun dari jumlah angka yang didapat, pelanggaran tersebut justru cenderung menurun dibanding dengan tahun 2015 kemarin. Di  tahun ini sebesar 4.147 dan tahun 2015 kemarin sejumlah 7.974,

“Dominasi pelanggaran tersebut turunnya hampir 48 persen”tambahnya.

Penurunan angka pelanggaran tersebut diungkapkan oleh Dir. Lantas disebabkan sudah adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dijalan raya.

“Dilihat dari angka tersebut artinya tingkat kesadaran masyrakat semakin tinggi” imbuhnya.

Komisaris Besar Polisi Budi Indra juga menambahkan, sosialaisasi yang dilakukan sebelum dimulainya operasi ini sangat besar dampaknya, dilihat dari nilai angka pelanggaran dan jumlah angka kecelakaan dijalan raya pada tahun kemarin 34, sekarang 33, turun 27 %, tapi jumlah angka korban meninggalnya naik dari tahun lalu hanya  10, tahun ini menjadi 11, luka berat dan ringan turun.

“Artinya sosialisasi yang kita lakukan sebelumnya , bahwa kita akan lakukan operasi zebra, dampaknya bisa diredam” tambahnya.

“Masyarakat ternyata saat Operasi Zebra lebih tertib, jadi bisa sebenarnya melihat masyrakat lebih tertib demi keselamatan” sambungnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close