Sampai Hari Ke-3 Operasi Zebra, Polres Lotim Catat 256 Pelanggaran

GIATOPERASI ZEBRA GATARIN 2016
                           GIATOPERASI ZEBRA GATARIN 2016

tribratanewsntb.com – Selong – Kepolisian Republik Indonesia secara serentak di seluruh wilayah Indonesia menggelar Operasi Zebra Gatarin 2016 guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan berlalu lintas dan untuk mewujudkan situasi yang kondusif menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017.Polres Lombok Timur juga turut melaksanakan Operasi Zebra Gatarin 2016 yang hingga hari ke-3 telah mencatat sebanyak 256 pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas.

“Hingga hari ke-3 pelaksanaan Operasi Zebra Gatarin 2016 yang masih dipusatkan di jalur kawasan tertib lalu lintas (KTL) yang ada di wilayah perkotaan, polisi telah mencatat ada 256 pelanggaran oleh para pengendara kendaraan bermotor, baik roda 2 maupun roda 4 yang masih didominasi pelanggaran tidak menggunakan helm pada saat mengendarai sepeda motor dengan 101 pelanggar”, terang Kasat Lantas Polres Lombok Timur melalui Kepala Bagian Lantas, IPTU I Ketut Parka di Selong, Sabtu (19/11).

Dijelaskan bahwa, sasaran Operasi Zebra Gatarin 2016 masih pada pelanggaran kasat mata. Namun meskipun demikian, jumlah pelanggar yang ditilang petugas razia dinilai masih cukup tinggi dengan jumlah di atas dua ratusan.Selain, pengendara yang tidak menggunakan helm, jenis pelanggaran lainnya yang cukup banyak adalah pengendara yang tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dengan 69 pelanggar, kemudian pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 39 pelanggar dan beberapa pelanggaran lainnya.

“Pelanggaran oleh sopir truk bak terbuka yang memuat orang juga masih ditemukan. Selama razia hingga hari ke-3 kemarin, petugas mencatat ada 5 pelanggar”, lanjut I Ketut Parka.Adapun, barang bukti sitaan yang diserahkan ke Pengadilan Negeri Selong untuk disidangkan berdasarkan pelanggaran, antara lain 19 SIM, 152 STNK dan 85 unit kendaraan.(yef).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close