Dit Reskrimum Polda NTB Periksa Karyawan Koperasi Terkait Penggelapan Uang Nasbah

ilustrasi-penggelapan-uang

tribratanewsntb.com – Mataram, Yan Pricornus Michael (36) seorang yang menjabat sebagai ketua Koperasi Serba Usaha dengan nama Koperasinya “Putra Sejahtera”, ia tidak menduga akan tindak pidana penggelapan yang dilakukan oleh salah satu karyawannya, pelaku menggelapkan uang nasabahnya hingga ratusan juta rupiah.

Kejadian penggelapan tersebut baru diketahui ketika ia melihat pada data Koperasi ada salah seorang nasabahnya yang bernama Ni Ketut Purniwati jarang menabung ke Koperasi, sehingga data tersebut membuatnya merasa curiga kemudian ia memminta kepada bendahara untuk melakukan kroscek terhadap nasabah tersebut.

Dari hasil kroscek yang dilakukan oleh bendahara melalui via telephone terhadap nasabah tersebut diketahui bahwa nasabah Purniwati tetap menyetorkan uang tabungannya melalui karyawan Koperasi di bagian lapangan inisial GPK. Mendapat informasi tersebut bendahara Koperasi turun langsung ke rumah Purniwati dengan maksud untuk melihat buku tabungan miliknya.

Kemudian bendahara koperasi membawa foto copy buku tabungan tersebut ke kantor guna dilakukan kroscek kembali dengan data yang ada pada komputer kantor koperasi. setelah dilakukan kroscek ditemukan adanya selisih nilai sebesar Rp. 154.445.519. Dengan hasil kroscek tersebut kemudian pada hari kamis (17/11) pemilik koperasi melaporkannya ke SPKT Polda NTB.

Ka Siaga II SPKT Polda NTB Kompol I Nengah Wintra menuturkan kepada media tribratanewsntb.com “Pelaku mengakui perbuatannya tidak menyetorkan uang nasabah ke koperasi dan menggunakan uang tersebut untuk kepentingan pribadi dan total ada delapan orang  nasabah yang juga uang tabungannya tidak disetorkan”, “Diperkirakan korban mengalami kerugian sekitar dua ratus enam puluh dua juta lebih dan kasus tersebut kini ditangani oleh Dit Reskrimum Polda NTB” tambah Nengah. (yos/wea)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close