Polisi Terima Hasil Audit BRI Mataram, Nasabah Rugi Rp 1,8 Miliar

24 Januari, 2017
139 Views

ilustrasi

tribratanewsntb.com Mataram – Polisi menerima hasil audit internal BRI Mataram. Tercatat, 400 nasabah menjadi korban skimming dengan kerugian Rp 1,8 miliar. Sementara pihak bank sudah mulai mengganti rugi.

“400-an nasabah yang melapor mengadu ke BRI. Kerugian sekitar Rp 1,8 miliar lebih dan terus berkembang,” ungkap Kasatreskrim Polres Mataram, AKP Haris Dinzah dikonfirmasi Rabu (2/11).

Hal itu terungkap dari hasil audit internal yang diserahkan pihak bank kepada penyidik Selasa (1/11) kemarin. Sementara klarifikasi saksi-saksi terus dilakukan. Satu karyawan dari vendor pihak ketiga pengelola ATM, PT SSI Mataram dimintai keterangan, yakni dari bagian teknis.

“Agenda pemeriksaan, vendor sudah. Sekarang ini (kemarin) sedang (dimintai keterangan),” ungkapnya.

Haris menyebutkan, klarifikasi itu terkait bagaimana pihak vendor menyikapi apabila terjadi gangguan pada ATM ataupun interferensi pada sistemnya.

“Bagiamana SOP mereka (vendor) apabila hal ini terjadi,” paparnya.

Upaya lain Polres Mataram, lanjut Haris, yakni dengan cara preventif. Tujuh pemimpin cabang bank yang beroperasi di Mataram dikumpulkan, Rabu (2/11) lalu.

“Supaya bank membantu kita pencegahan sedini mungkin. Agar ini tidak melebar ke bank lain,” tandasnya.

BRI Ganti Kerugian Sementara Kantor Cabang BRI Mataram mengklaim sudah mengganti rugi kerugian nasabah korban skimming. Sejak Jumat pekan lalu hingga kemarin dan masih terus berlangsung. Dikonfirmasi di ruang kerjanya, Manajer Operasional Cabang BRI Mataram, Komang Wahyu mengungkapkan, proses pembayaran itu dilakukan setelah dilakukan investigasi internal bank.

“Itu Kanwil BRI yang mengerjakan. Kita di sini cuma melakukan pembayaran,” terangnya.

Tindaklanjut bank sebelumnya yakni melakukan pemblokiran ATM kepada sejumlah nasabah. Melalui notifikasi SMS, nasabah tersebut kemudian diminta untuk mengganti PIN ATM ke Kantor Cabang BRI Mataram. Pelayanan itu diberikan bersamaan dengan ganti rugi ke sejumlah nasabah yang menjadi korban skimming. Komang menjelaskan, ganti rugi itu dilakukan di counter customer service. Uang sejumlah kerugian masing-masing nasabah langsung dimasukkan ke dalam rekening. (azi)

You may be interested

Bentrok, TNI dan Polri Tidak Luput Dari Serangan Saat Mengamankan
Umum
shares2 views
Umum
shares2 views

Bentrok, TNI dan Polri Tidak Luput Dari Serangan Saat Mengamankan

Polres Mataram - Jan 22, 2018

Mataram - Kedua Lingkungan yang kembali memanas yakni Monjok Culik dan Taliwang pada hari Minggu (21/1) yang lalu mengakibatkan banyak…

Opsnal Polsek Narmada Amankan Dua Remaja SMK
Reskrim
shares5 views
Reskrim
shares5 views

Opsnal Polsek Narmada Amankan Dua Remaja SMK

Polres Mataram - Jan 22, 2018

Mataram - Team Opsnal Unit Reserse Kriminal Polsek Narmada berhasil meringkus dua pemuda yang hendak melakukan transaksi jual beli motor…

Polda NTB dan Korem 162 Wira Bhakti Teken Nota Kesepahaman Pengamanan Pilkada
Binkam
shares14 views
Binkam
shares14 views

Polda NTB dan Korem 162 Wira Bhakti Teken Nota Kesepahaman Pengamanan Pilkada

biro ops polda ntb - Jan 22, 2018

Mataram - Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Firli, M.Si, dan Komandan Korem 162 Wira Bhakti Kol Inf H Farid Makruf,M.A secara…

Leave a Comment

Your email address will not be published.