Polisi Patroli Jam Rawan

Kapolsek Mataram, Kompol Taufik

tribratanewsntb.com Mataram – Patroli di jam rawan belum cukup mengatasi kriminalitas di wilayah hukum Polsek Mataram. Bhabinkamtibmas diminta bergabung bersama masyarakat untuk menggiatkan ronda malam di lingkungan masing-masing.

“Patroli dari Sabhara, Lantas, Reskrim dan intel melibatkan anggota di jam-jam rawan,” kata Kapolsek Mataram, AKP Taufik ditemui Rabu (5/10) di ruang kerjannya.

Jam rawan itu yakni pagi hari sekitar pukul 06.00 Wita sampai pukul 08.00 Wita pada saat jam berangkat kantor dan berangkat sekolah. Pada jam tersebut kegiatan di pusat keramaian masyarakat juga sudah semakin padat. Ia menyebutkan, jajaran Polsek Mataram juga melakukan pengamanan statis di beberapa titik rawan.

“Menyisir ke wilayah-wilayah untuk antisipasi 3C, curanmor, curas, dan curat,” paparnya.

Mengenai 3C yang marak di wilayah hukum Polsek Mataram, ia menyebutkan kriminalitas yang sama juga terjadi secara merata di kawasan lain. Membujur dari Mataram sampai Sape, Bima. Mengantisipasi itu, sambung dia, Bhabinkamtibmas di masing-masing kelurahan diarahkan untuk menggandeng satuan pengamanan lingkungan setempat.

“Bhabin itu juga patroli keliling wilayah. Mungkin nanti bisa bersama masyarakat lakukan ronda malam,” ujarnya.

Mengenai lokasi TKP 3C juga beragam, mulai dari pusaat keramaian seperti pasar sampai ke kos-kosan dan perumahan dengan sistem pengamanan satu pintu sekalipun. Untuk itu ia mengimbau kepada pengelola atau perangkat lingkungan setempat untuk menyiapkan alat keamanan tambahan. Seperti kunci ganda dan apabila perlu memasang kamera CCTV.

“Secara berjenjang sedapat dan semaksimal mungkin kita antisipasi dan kita tangani. Kita kerjasama untuk menekan itu ” ujarnya sambil mengakui bahwa kepolisian tidak dapat bekerja sendiri dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Baru-baru ini, kasus curanmor kembali terjadi dengan TKP di kawasan perumahan Panda Raya I. Empat kendaraan roda dua raib sekaligus dalam satu malam pada Rabu (5/10) kemarin. Polsek Mataram berkoordinasi dengan Polres Mataram tengah memburu pelaku. (azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close