Rentan Peredaran Narkoba, Polda NTB Razia Jalur Laut

Polisi menggeledah kabin penumpang bus di Pelabuhan Lembar, Selasa (4/10).
Polisi menggeledah kabin penumpang bus di Pelabuhan Lembar, Selasa (4/10).

tribratanewsntb.com Lombok Barat – Ditresnarkoba Polda NTB merazia pelabuhan Lembar, Selasa (4/10). Satu bus berisi puluhan penumpang digeledah. Ada informasi penyelundupan sabu lewat darat. Bus jurusan Jakarta-Bima bernopol EA 7346 S langsung diminta menepi begitu turun dari kapal ferry Dharma Nusantara yang berlayar dari Pelabuhan Padangbai, Bali.

Sekitar 26 penumpang bus Langsung Indah itu tampak bersahabat ketika tim opsnal dan polwan melakukan penggeledahan. Polisi Satwa K-9 Ditsabhara Polda NTB pun diterjunkan. Dua anjing pelacak dikerahkan untuk mendeteksi keberadaan barang haram di dalam bus. Bagasi samping dan belakang diperiksa menyeluruh.

Razia itu dipimpin langsung Kasubdit II Ditresnarkoba Polda NTB, I Komang Satra didampingi Kanit I, Kompol Agus Dwi Ananto, dan Kasatnarkoba Polres Lobar, AKP Rafles Girsang. Didapati satu tas hitam dan satu amplop mencurigakan. Si pemilik barang, SA yakni supir cadangan bus tersebut. Para penumpang bus kemudian diminta untuk berkumpul di ruang tunggu penumpang kapal.

“Ada informasi salah satu alat transportasi darat diduga mengangkut narkoba. Siang ini kita cek kebenarannya,” ujar Satra dikonfirmasi di Lembar, Lombok Barat.

Satu amplop yang belakangan diketahui dikirim untuk pemilik PO Langsung Indah itu dibongkar. Namun ternyata isinya spare part kendaraan bermotor. Ia menampik operasi yang dilakukan siang itu bocor, menilik informasi bahwa ada dua penumpang yang turun di terminal Ubung, Denpasar sebelum bertolak menuju Lombok.

“Belum bisa dipastikan yang itu membawa (narkoba). Orang kan bisa kemana saja tujuannya,” terangnya.

Ia mengakui kesulitan melakukan penggeledahan karena banyaknya barang yang diangkut bus tersebut. Namun ia memastikan bahwa razia serupa bakal terus digiatkan. Sebab, lalu lintas darat dan laut tak kalah rentannya dengan jalur udara dalam kasus peredaran narkoba.

“Dipastikan akan rutin. Peluang peredaran lewat darat via pelabuhan sangat mungkin,” tandasnya. (azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close