Waspada !  Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap Anak Disekitar Kita

hal-yang-harus-diwaspadai-agar-tidak-dilecehkan-seksual

tribratanewsntb.com – Mataram Kekerasan seksual terhadap anak di NTB semakin meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus yang ditangani oleh Polda NTB dan jajaran. Tragisnya, anak-anak yang menjadi korban rata-rata berusia dibawah 7 tahun.

Para pelaku bukan merupakan orang jauh, tapi orang-orang terdekat, baik itu tetangga, teman sepermainan, paman, kakek bahkan ada juga yang dilakukan oleh ayahnya sendiri. Kanit 1 PPA Subdit IV Dit Reskrimum Polda NTB, Kompol Sriwati saat ditemui diruang kerjanya oleh media tribratanewsntb.com pada kamis (8/9) mengatakan bahwa para pelaku bukan merupakan orang jauh, tapi orang terdekat korban.

“Seperti kasus yang terjadi beberapa waktu lalu, berawal dari dia melakukan terhadap anak tetangganya dibawah umur kemudian dia sudah divonis 4 tahun 7 bulan, ternyata baru 2 bulan keluar dari LP dia melakukan lagi. Salah satu korban merupakan  anak kandungnya dan 3 orang keponakannya sendiri.” ungkap Kompol Sriwati.

Kenyataannya, korban kekerasan seksual terhadap anak ini bukan hanya anak perempuan, tapi juga anak laki-laki. Oleh karena itu Sriwati juga menghimbau kepada para orang tua terutama ibu-ibu agar selalu mengawasi anak-anaknya, sehingga terhindar dari intaian pelaku kekerasan seksual terhadap anak.

“Orangtua terutama ibu-ibu jangan terlalu percaya juga pada lingkungan, jangankan tetangga atau keluarga, bapak kandung pun  bisa melakukannya. Dan apabila memandikan anak, usahakan kita yang perempuan yang memandikan dan membersihkan badan anak kita.” Imbuhnya.

Dia juga menambahkan, agar para orangtua selalu mengenakan pakaian yang tertutup bagi anak-anaknya dan selalu berkomunikasi dengan anak sehingga anak tersebut mau menceritakan segala aktifitasnya.

Dari data kasus kekerasan seksual terhadap anak yang dihimpun oleh Unit 1 PPA Subdit IV Dit Reskrimum Polda NTB tercatat tahun 2014 sebanyak 140 kasus, tahun 2015 sebanyak 169 kasus dan tahun 2016 sampai dengan bulan Juni sebanyak 98 kasus.(mac/hoff)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close