KAPAL PENANGKAP IKAN ASAL SULAWESI SELATAN DIAMANKAN POL AIR POLDA NTB

Kapal KMN. TURU CINNAE yang diamankan Pol Air Polda NTB
Kapal KMN. TURU CINNAE yang diamankan Pol Air Polda NTB

Tribrata News NTB-Lembar Rabu (31/8) Kali ini Pol Air Polda NTB berhasil mengamankan kapal penangkapan ikan bernama lambung KMN. TURU CINNAE  yang berasal dari Bulukumba Sulawesi Selatan yang dinahkodai oleh IR (25) pada hari Minggu (28/8) pagi sekitar jam 09.30 WITA , Kapal ini diamankan oleh Kapal Polisi XXI-1003 diseputaran perairan Pulau Panjang Sumbawa tepatnya pada titik koordinat 08.13.33″S – 117.02.14″ E.

Bermula dari Kapal Polisi XXI-1003 Pol Air Polda NTB melakukan Patroli rutin disekitar perairan Sumbawa untuk mengecek situasi di perairan seputaran. Pada saat Patroli, Komandan Kapal Polisi melihat sebuah kapal sedang melaksanakan penangkapan ikan, bermaksud untuk mengecek dan memastikan bahwa kapal penangkapan ikan tersebut melakukan penangkapan ikan dengan cara dan aturan yang berlaku agar tidak merusak terumbu karang maupun ekosistem biota laut diperairan Sumbawa, Komandan Kapal Polisi XXI-1003 mengarahkan kapalnya menuju  Kapal TURU CINNAE, namun pada saat Kapal Polisi bergerak untuk melakukan pengecekan, Kapal TURU CINNAE sempat melaju menghindari Kapal Polisi dan akhirnya terjadilah pengejaran oleh Kapal Polisi terhadap Kapal TURU CINNAE. Setelah beberapa menit dilakukan pengejaran Kapal Polisi berhasil merapat kelambung Kapal TURU CINNAE dan menempel di Kapal tersebut, dengan sigap Komandan Kapal beserta ABKnya naik k Kapal tersebut dan melakukan pemeriksaan, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata benar saja Kapal teresebut tidak dilengkapi dengan SPB (Surat Perijinan Berlayar) dan diduga melanggar pasal 98 junto pasal 42 ayat 3 UU RI No. 31 Tahun 2004 tentang perikanan sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 45 Tahun 2009, kemudian Kapal tersebut beserta ABKnya diamankan di Pos Pol Air Khayangan Lombok Timur.

Dengan adanya penangkapan Kapal KMN. TURU CINNAE ini, Dir Pol AIr Polda NTB melalui Kasatrolda Pol Air Polda NTB “AKBP Dewa Wijaya, S.H., M.H. menyatakan bahwa benar Komandan Kapal Polisi XXI-1003 telah mengamankan Kapal Penangkap Ikan dengan nama KMN. TURU CINNAE yang sekarang Kapal, Nahkoda bserta ABKnya masih kami amankan untuk keperluan proses penyidikan lebih lanjut. Bukan hanya Kapal Penangkap Ikan tanpa dokumen lengkap yang akan kami tindak tegas tapi tindak pidana Illegal Fishing, Illegal Oil, Illegal Loging dan semua tindak pidana yang melalui perairan dan atau pelabuhan di wilayah hukum Polda NTB akan kami tindak tegas jelasnya.”(AS).

Kapal KMN. TURU CINNAE yang diamankan di Pos Pol Air Khayangan Lotim
Kapal KMN. TURU CINNAE yang diamankan di Pos Pol Air Khayangan Lotim

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close