Jalin Kerjasama Dengan Jica, Polda NTB Usung Fungsi Preventif Melalui Bhabinkamtibmas

bhabinkamtibmas
bhabinkamtibmas

tribratanewsntb.com – Mataram Bekerjasama dengan Polisi negara jepang (JICA) Polda NTB akan mengusung fungsi preventif atau pencegahan terhadap gangguan kamtibmas yang terjadi dimasyarakat dengan menerjunkan para Bhabinkamtibmasnya, sehingga dari tingkat pelaporan situasi yang terjadi mulai dari polsek-polsek akan semakin berkurang angkanya.

Untuk meningkatkan kemampuan tersebut Polda NTB mengadakan sebuah pelatihan peningkatan kemampuan bhabinkamtibmas atau disebut In House Training senin (30/8) di Polda NTB, sebagai langkah dalam mengembangkan kegiatan Polisi Masyarakat (polmas) agar peran binmas sebagai fungsi preemtif atau dengan imbauan dan pendekatan bisa dirasakan hingga kepada lapisan-lapisan masyarakat yang paling membutuhkan kehadiran Polisi.

Kabid Humas Polda NTB AKBP Tri Budi Pangastuti kepada media tribratanewsntb.com menuturkan bahwa dalam kegiatan tersebut merupakan melatih para bhabinkambtibmas yang akan terjun ke lapangan sehingga dapat mengurangi angka kasus-kasus yang terjadi.

“Sebagai Garda terdepannya adalah para Babinkamtibmas, oleh karena itu apabila terjadi kasus di dalam masyarakat maka optimalisasi peran Babinkamtibmas merupakan upaya yang perlu dilakukan dengan pola penugasan yang disesuaikan dengan karakteristik dan sosial kultur masyarakat sesuai kearifan lokal tanpa mengkesampingkan aspek hukum Um yang harus ditegakkan melalui musyawarah” jelas Kabid humas.

Selain itu dalam hal melakukan optimalisasi terhadap masyarakat, pesan Kabid juga perlunya kerjasama dalam melibatkan unsur-unsur tokoh yang ada di Desa masing-masing binaanya, sebagai langkah dalam melaksanakan musyawarah apabila menghadapi persoalan yang terjadi.

“Membentuk forum kemitraan polisi dan masyarakat atau fkpm dengan melibatkan pejabat struktural keamanan Desa tokoh masyarakat tokoh agama tokoh pemuda yang ada di desa tersebut dan bertugas untuk melaksanakan musyawarah apabila di desa tersebut ada permasalahan sosial yang kecil sifatnya dan cukup diselesaikan di tingkat Desa” tambahnya. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close