Patroli Humanislah yang diharapkan Masyarakat

14114647_1368804513148793_1737390353_o

Tribratanewsntb.com- Mataram,  Kamis 25 Agustus 2016 , pukul 23:00 WITA . Kegiatan patroli adalah kegiatan sehari-hari bagi anggota Polri yang berdinas di Rektorat Sabhara termasuk anggota Dalmas Polda NTB yang merupakan ’’The Police Backbone’’, kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat sangatlah diperlukan terlebih hadirnya mobil patroli dan lampu rotator berwarna biru yang menyala akan berdampak pada Kamtibmas di wilayahnya. Masyarakat akan merasa aman dan ruang gerak para pelaku kejahatan juga akan semakin dibatasi karena kehadiran patroli tersebut.

Kegiatan Patroli tersebut sering juga diisi dengan patroli Dialogis dengan warga masyarakat yang dijumpai, hal ini selain ingin menujukan sikap humanis seorang anggota Polri namun juga dikandung maksud untuk mendapatkan informasi dari masyarakat tentang kerawanan-kerawanan yang timbul di daerahnya. Danton Dalmas Polda NTB Pleton 2 ki 1 , Bripka Imbing Susanto mengajak anggotannya agar , “ Kita sebagai anggota Polri jangan hanya menonjolkan penegakan hukum saja seperti penindakan Tilang atau oprasi-oprasi namun Polri juga harus melakukan patroli dialogis yang ’’Humanis.” Namun tidak semua orang merasa senang dengan kehadiran Mobil Patroli di wilayahnya, sebagaimana para pelaku kejahatan mereka merasa ruang gerak mereka dibatasi karena kejahatan dapat timbul apabila ada niat dan kesempatan, kesempatan ini lah yang semakin sempit akibat kehadiran Patro14075187_1368804493148795_1322480537_oli tersebut.

Bagaimanapun akan muncul dua penilaian publik atas kegiatan patroli tersebut. Ada yang memandangnya negatif dengan menyebut ini merupakan pencitraan kinerja polisi, ada pula yang memandangnya positif dan melihat ini adalah sosialisasi nilai humanis yang dilakukan oleh polisi, semua dikembalikan kepada masyarakat yang menilai.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close