Desa Bagik Polak Akan Larang Penggunaan Kecimol Saat Nyongkolan

24 Agustus, 2016
130 Views

ilustrasi kecimol

tribratanewsntb.com – Labu Api, Senin (22/8) di aula Kantor Desa Bagik Polak Kec. Labu Api Lombok Barat sekitar pukul 08.30 Wita berlangsung kegiatan rapat terkait pembahasan penggunaan kesenian kecimol dalam acara nyongkolan baik di desa Bagik Polak sendiri maupun yang akan melaksanakannya ke luar Desa Bagik Polak.

Rapat ini dilaksanakan mengingat akhir-akhir ini keamanan dan ketertiban umum di desa itu sendiri sangat terganggu, salah satunya disebabkan oleh kegiatan nyongkolan yang diiringi dengan alat musik kecimol, dimana pada saat kegiatan berlangsung sering terjadi salah paham antara perserta nyongkolan dengan pengguna jalan bahkan warga yang sedang menonton iringan nyongkolan.

Dalam kegiatan rapat tersebut dihadiri oleh Kapolsek Labuapi yang diwakili oleh Kanit Sabhara Aiptu I Made Sudiarta, Camat Labu Api, Pol PP Kec. Labu Api, Kades Bagik Polak, Ketua BPD Desa Bagik Polak, para Kadus, Toga, Toda Dan Tomas Desa Bagik Polak yan g berjumlah sekitar 20 orang.

Dalam sambutannya Kades Bagik Polak Amir Amraen Putra menyampaikan “masalah adat nyongkolan yang menggunakan kecimol sudah sering kita bahas dan kita bicarakan dan program ini sudah berjalan 1 tahun yang lalu namun program tersebut tidak berjalan dengan baik sehingga pada kesempatan ini kembali saya undang seluruh instansi yang ada di Kec. Labuapi untuk kembali membahas masalah nyongkolan dengan kecimol baik yang keluar maupun yang masuk ke Desa Bagik Polak ”.

Menurut Amir alat musik kecimol yang sering digunakan tidak termasuk dalam adat istiadat Suku Sasak dan ia menyarankan mulai dari sekarang kegiatan nyongkolan tidak boleh menggunakan kecimol. Adapun tanggapan dari masyarakat Desa Bagik Polak setuju penggunaan kecimol dalam acara nyongkolan ditiadakan dan berharap keamanan dan ketertiban di desa menjadi lebih baik dan aman. (yos/wea)

You may be interested

Ngamuk Di Pasar, Preman ini Malah “Nangis” Saat Akan Ditangkap Polisi
Binkam
shares2 views
Binkam
shares2 views

Ngamuk Di Pasar, Preman ini Malah “Nangis” Saat Akan Ditangkap Polisi

Polres Dompu - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44563" align="alignnone" width="300"] Salah seorang preman saat akan ditangkap sehabis mengamuk dipasar[/caption] Dompu - Sejatinya seorang preman berbadan tegap…

Jelang Akhir Tahun, Polres Dompu Terus Pantau Harga Sembako
Binkam
shares5 views
Binkam
shares5 views

Jelang Akhir Tahun, Polres Dompu Terus Pantau Harga Sembako

Polres Dompu - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44557" align="alignnone" width="300"] Petugas kepolisian melakukan pemantauan harga secara langsung[/caption] Dompu - Satuan Reserse Kriminal Resor Dompu terus lakukan…

Binkam
shares7 views

Kapolres Lotim ; Sebagai Personel Polri, Pegang Teguh Komitmen Netralitas

Polres Lotim - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44552" align="alignleft" width="341"] PESRTA UPACARA DALAM RANGKA PERGESERAN PASUKAN[/caption] Selong - Polres Lombok Timur Lakukan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.