Berhasil Amankan Terumbu Karang, Dit Polair Polda NTB Kembalikan Ke Habitat

IMG_6003

tribratanewsntb.com – Lombok Barat Terumbu karang yang berhasil diamankan Direktorat Kepolisian Perairan Polda NTB Minggu (21/8) kemarin, hari ini, Senin (22/8) dikembalikan ke habitat aslinya di laut.

Terkait hal ini Subdit Gakum Dit Polair Polda NTB bersama dengan perwakilan Balai Karantina Ikan Kelas Dua Mataram dan Tim Kelompok Pengawas Masyarakat Desa Tawun melepaskan sekitar 1.320 terumbu karang berbagai jenis di wilayah perairan Gili Nanggu, Kecamatan Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat.

Dir Polair Polda NTB Kombes Pol Edwin Rachmat Adikusumo melalui Kasi Tindak Subdit Gakum AKP Wahidudin yang mewakili pelepasan terumbu karang tadi menjelaskan kepada media tentang beberapa jenis terumbu karang yang dilindungi Undang – Undang yang kemudian dikembalikan ke asalnya.

“Terumbu karang yang berhasil kami amankan ini antara lain Karang Kolang – Kaling, karang Donat, Karang Jeruk Hijau, Karang Otak, dan Volip Matahari” ungkapnya.

Sebelum dikembalikan kehabitat, terumbu karang ini dihitung ulang agar sesuai jumlahnya dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami melepas sebelas(11) dus yang isinya masing – masing dus sebanyak  seratus dua puluh (120) terumbu karang” ujarnya.

Kepada masyarakat pesisir hendaknya tidak mengambil dan memperjual belikan terumbu karang yang di lindungi, karena jumlahnya sudah langka dan menjadi tempat tinggal ikan serta biota laut lainnya. [hoff]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close