Polda NTB Siap Amankan MTQ Nasional

BannerMTQ2016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tribratanewsntb.com Mataram – Pengamanan MTQ Nasional ke-26 di NTB harus dijalankan sungguh-sungguh. Mengutamakan langkah antisipatif terhadap segala potensi gangguan Kamtibmas. Sebagai wujud kesiapan jajaran pengamanan mendukung kesuksesan event akbar tersebut. Pesan itu disampaikan Kapolda NTB, Brigjen Pol Drs H Umar Septono SH MH dalam Apel Gelar Pasukan Operasi MTQN Gatarin 2016 di Lapangan Gajah Mada, Mapolda NTB, Rabu (27/7).

“Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab,” tegasnya. Sebab, berbagai ancaman jika tidak segera dideteksi dan ditanggulangi sejak dini, bakal mengganggu kenyamanan peserta lomba dan masyarakat NTB itu sendiri. Polda NTB sebagai penanggunjawab utama pengamanan MTQN mengerahkan 1.790 personel dari total 2.685 personel. 895 lainnya merupakan gabungan TNI AD, TNI AL, TNI AU, Satpol PP Provinsi NTB, Dishubkominfo, organisasi kemasyarakatan, serta Pramuka.

Aparat pengamanan diberi mandat mengamankan 18 titik penginapan dan 11 titik lokasi pelaksanaan kegiatan. Kapolda memberikan sejumlah pedoman kepada peserta, antara lain agar meningkatkan kepekaan terhadap dinamika situasi. “Optimalkan fungsi intelijen dan bhabinkamtibas dengan melakukan deteksi dini,” ujarnya. “Lakukan kerjasama yang harmonis dan sinergis,” imbuh Kapolda.

Pedoman itu harus dilaksanakan agar target pengamanan seperti rasa aman para peserta yang datang dapat tercapai. “Saya juga perlu mengingatkan adanya ancaman yang harus diantisipasi, seperti terorisme, sabotase, perkelahian antarkelompok, kebakaran, 3C, dan penyalahgunaan narkoba.” Kapolda kembali mengingatkan kepada para personel untuk selalu fokus. Masing-masing personel membekali diri dengan informasi terkait MTQN. Seperti lokasi kegiatan, tempat penginapan, serta informasi lain yang sewaktu-waktu dibutuhkan para tamu luar daerah tersebut.

“Apabila ada kafilah tanya infor, jangan ada jawaban saya tidak tahu, itu bukan tugas saya. Jangan. Saudara sekalian harus siap layani masyarakat,” tegas Jenderal bintang satu itu. “Kita mengarap ridho Tuhan. Jangan harap pujian manusia. Kita memberikan pelayanan kepada masyarakat atas nama Tuhan.” Keamanan selama kegiatan MTQN, dihajatkan untuk memberi kenyamanan. Oleh karenanya, warga NTB khususnya Kota Mataram agar berartisipasi dengan berupaya menjadi tuan rumah yang baik.

“Harapan saya, kita bersama-sama sambut tamu Allah ini sebaik-baiknya. NTB terkenal orangnya ramah-ramah, ayo kita buktikan,” tutup Kapolda.(azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close