Polsek Cakra Atensi Pertokoan dan Rumah Kosong

ilustrasi bobol rumah
ilustrasi bobol rumah

tribratanewsntb.com Mataram – Meski selama Ramadhan lalu kriminalitas di Cakranegara menurun, namun jajaran Polsek tidak mau berleha-leha. Sebab, sasaran pencurian dimungkinkan beralih ke pertokoan yang tengah tutup dan rumah-rumah yang ditinggal pemudik.

Kapolsek Cakranegara, Kompol I Gusti Putu Suarnaya mengatakan, kualitas kriminalitas cenderung meningkat. Terbukti, di tempat keramaian pelaku masih nekat melakukan kejahatan. Apalagi di perumahan kosong yang tanpa penjagaan.

“Mereka (pelaku) bisa saja memanfaatkan kelengahan masyarakat,” jelasnya. Menurut pemetaan pihaknya, libur panjang Idul Fitri 2016 ini membuat aktivitas perekonomian sedikit berkurang. Dilihat dari banyaknya pusat perbelanjaan dan pertokoan di kawasan Cakranegar dan Sandubaya yang tutup.

“Di tempat ramai saja mereka berani beraksi,” sambungnya. Namun, hal itu justru harus diwaspadai. Para pelaku pencurian ataupun perampokan tetap mengintai. Jajaran Polsek Cakranegara pun tidak mengendurkan pengamanan. Patroli roda dua dan roda empat semakin ditingkatkan.

“Suasana Idul Fitri ini banyak rumah ditinggal kosong oleh warga yang mudik. Selama itu pula kita melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan,” jelasnya. Polsek Cakranegara tidak sendirian. Pengamanan juga dibackup Polres Mataram dan Polda NTB.

“Kita juga imbau warga untuk tingkatkan kewaspadaan,” sebutnya. Selain patroli yang ditingkatkan, Bhabinkamtibmas yang tersebar di masing-masing sepuluh kelurahan. Mendeteksi dini dinamika kejahatan yang mungkin terjadi. Meski demikan, warga juga diminta tetap tenang sembari mawas diri.

Berkenaan dengan lalu lintas warga yang berkunjung bersilaturahimm ke rumah sanak famili, ia mengimbau agar meghindari menggunakan perhiasan berlebihan. “Karena itu bisa saja mengundang niat jahat para pelaku,” kata Suarnaya. “Kita bersama-sama meningkatkan keamanan dan kewaspadaan.” (azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close