Bule Perancis Jadi Korban Bobol ATM Modus Skimming

Ilustrasi bobol-atm
Ilustrasi bobol-atm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tribratanewsntb.com Mataram – Pembobolan ATM modus skimming kini tengah ngetren di NTB. Setelah pelaku jaringan Turki dibongkar Juni lalu dan pelaku asal Bulgaria dini hari kemarin, kini muncul lagi kasus serupa. Adalah Eric Alderweireld (45), WNA asal Perancis yang menjadi korban. Kerugian yang dideritanya mencapai RP 90 juta lebih.

Kasubdit II Cyber Crime Ditreskrimsus Polda NTB, AKBP Darsono Setyo Adjie SIK mengungkapkan, pembobolan itu dicurigai ketika korban menerima laporan SMS Banking tentang adanya penarikan uang. “Padahal korban merasa tidak pernah melakukan transaksi,” jelasnya ditemui Jumat (15/7) di ruang kerjanya. Penarikan uang korban dilakukan secara berkala dalam rentang tanggal 6 Juli hingga 13 Juli. Nasabah Bank BCA itu kemudian melapor ke Polda NTB, Senin (11/7).

Jumlah yang ditarik pun, sambung dia, beragam. Mulai dari Rp 10 juta sampai Rp 40 juta sehingga terakumulasi hingga Rp 90 juta lebih. Tempat penarikannya pun berbeda-beda. “Ada yang ditarik dari Bali, dari ATM di Pemenang, terakhir ATM di Gili Trawangan,” ungkapnya.

Sementara dalam laporan pengaduannya korban mengungkapkan dirinya tengah liburan di Gili Trawangan via setelah sebelumnya selama beberapa hari di Bali. Namun, menurut korban, penarikan dana itu di luar sepengetahuannya. Darsono menjelaskan, kini pihaknya tengah melakukan penyelidikan.

Rekaman CCTV tertanggal seperti dilaporkan korban diminta kepada pihak ketiga sebagai pengelola ATM yang bekerjasama denagan pihak bank. “Kita minta CCTV untuk mengetahui siapa saja yang mengakses ATM itu,” terangnya. “Pihak vendor juga.

Apakah ada indikasi keterlibatan orang bank. Kan bisa saja. Ini masih kita dalami. Pihak bank juga akan kita panggil.” Ia menjelaskan, skimming merupakan upaya perekaman data elektronik dengan cara memindai kartu ATM. Alat tersebut dipasang di mulut panel kartu pada mesin ATM yang bekerja pada saat nasabah bank bertransaksi. (azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close