Polres Mataram Segera Naik Kelas Jadi Polresta

AKBP Heri Prihanto, SIK
AKBP Heri Prihanto, SIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tribratanewsntb.com Mataram – Perkembangan Kota Mataram mendesak adanya pola pengamanan warga yang maksimal. Sebagai leading sector kamtibmas wilayah ibukota NTB, Polres Mataram bakal segera naik kelas menjadi Polresta. Hal itu masih digodok dan dilakukan persiapan pemenuhan syarat dan prasyarat lain. Meski rekomendasi dari ekskutif dan legislatif baik tingkat Kota maupun Provinsi telah dikantongi. Peningkatan status itu dengan memperhatikan berbagai pertimbangan.

“Perkembangan Mataram pesat. Perbandingan rasio warga dan polisi sudah tidak ideal,” ungkap Kapolres Mataram, AKBP Heri Prihanto, SIK ditemui di Mapolda NTB.

“Menurut PBB, idealnya 1:400.” Bahkan, sambung dia, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dalam sidang kabinet baru-baru ini menyatakan untuk Polres di ibukota, rasio idealnya adalah 1:300. Satu polisi mengamankan 300 warga. Sementara saat ini kondisi di Mataram, 1:780. Sejumlah upaya pemenuhan syarat ditempuh. “Walikota, Kodim, Kejari, DPRD Kota sudah kasih (rekomendasi),” terang Heri.

“Terakhir kemarin DPRD Provinsi NTB. Sudah langsung dikasih.” Ia menjelaskan, tiga bulan silam dirinya diminta menghadap Komisi I Bidang Hukum dan Keamanan. Demi memberi penjelasan terkait alasan dan urgensi menaikkan tipe Polres Mataram menjadi Polresta.

Rekomendasi dari wakil rakyat tingkat Provinsi itu melegakan pihaknya dan berharap bakal segera terwujud. Sebab, selama tiga tahun terakhir ini kualitas kriminalitas di Mataram cenderung meningkat. Modus-modus baru kejahatan semakin berkembang. “Jumlahnya kalau dilihat dari angka tiga tahun terakhir itu turun. Tapi secara kualitas naik,” sebutnya.

Hal itu berpengaruh terhadap persentase penyelesaian perkara yang sanggup diatasi. Apalagi berbekal jumlah personel yang ada sekarang. “Penyelesaian perkara belum mencapai seperti yang diharapkan,” terangnya. Ia berharap, Polresta Mataram yang dikepalai seorang perwira menegah berpangkat Komisaris Besar bakal berdiri tahun depan. Sehingga pelayanan kamtibmas warga Mataram dapat ditingkatkan. (azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close