Di Mataram, ada Ratusan Polisi Siap Kawal Lebaran

AKBP Heri Prihanto, SIK
AKBP Heri Prihanto, SIK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tribratanewsntb.com Mataram – Polisi mengerahkan ratusan personel mengamankan warga Mataram melaksanakan ibadah Idul Fitri 1437 H. Personel sejumlah itu dibackup instansi lain sudah melakukan pengamanan di pos-pos yang telah ditentukan.

Kapolres Mataram, AKBP Heri Prihanto, SIK Jumat (1/7) menjelaskan, pantauannya sementara ini konsentrasi warga di jalan raya sudah mulai meningkat. Terutama di waktu-waktu rawan tertentu. Hal itu membutuhkan monitor yang jeli dan cekatan. Jika ingin mencegah terjadinya kecelakaan ataupun kriminalitas lainnya.

“Masing-masing pos memiliki radius kewenangan masing-masing,” terangnya ditemui seusai upacara HUT Bhayangkara ke-70 di Lapangan Gajah Mada, Mapolda NTB. Penempatan pos dilakukan dengan pertimbangan kedekatan dengan titik rawan yang berpotensi macet lalu lintas dan rentan kriminalitas.

Juga, untuk pengamanan maksimal warga Mataram saat merayakan Idul Fitri serta sepekan setelahnya saat Lebaran Topat. Pengamanan itu merupakan bagian dari pelaksanaan Operasi Ramadniya 2016. Di Mataram sendiri, jelas Kapolres, pihaknya menerjunkan 119 personel. Dibackup 54 personel Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda NTB dari fungsi Pamobvit, Binmas, Sabhara, dan PJR.

Dukungan personel juga datang dari instansi terkait, seperti TNI, Denpom, Dishubkominfo, Linmas, Pol PP, Jasa Raharja, Damkar, Pramuka, Dikes, Lang-lang, dan Pecalang. Jumlahnya mencapai 140 personel. Sejumlah personel tersebut bakal terbagi ke dalam empat pos di seputaran Kota Mataram. Diantaranya, Pos Pengamanan Kebon Roek, Pos Pelayanan Karang Jangkong, Pos Pengamanan Narmada, dan Pos Terpadu Terminal Mandalika.

Pos pantau disiagakan sebagai perpanjangan tangan pos agar lebih mudah menjangkau pemudik ataupun masyarakat yang memanfaatkan waktu dengan berlibur ke tempat wisata. Mengenai keamanan lalu lintas orang dan barang, Kapolres menyebutkan bahwa pihaknya bakal melakukan pemeriksaan terhadap pendatang dari luar kota. “Keluar masuk melalui terminal Mandalikakami datakan,” ujarnya. (azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close