Ditlantas Polda NTB Maksimal Amankan Mudik Lebaran

Kombes Pol Budi Indra Dermawan
Kombes Pol Budi Indra Dermawan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tribratanewsntb.com Mataram – Polda NTB menerapkan pengamanan maksimal demi menjamin kenyamanan mudik masyarakat. Pos pelayanan dan pengamanan sudah mulai ditempati hari ini. Pemudik sepeda motor akan dikawal. Mulai dari pengecekan kesehatan hingga pengawalan melalui titik-titik rawan. Demikian disampaikan Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Budi Indra Dermawan SIK MSi, Kamis (30/6), seusai apel gelar pasukan Operasi Ramadniya 2016 di Lapangan Gajah Mada Mapolda NTB.

“Yang menjadi atensi itu pemudik kendaraan pribadi yang kelelahan,” paparnya. Menanggapi potensi itu, pihaknya bersama instansi terkait telah menyiagakan petugas kesehatan di Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Poto Tano, dan Pelabuhan Sape. Pengamanan itu juga dilengkapi dengan fungsi kepolisian lain, seperti Satgas Banops yang beranggotakan Brimob. Untuk siaga reaksi cepat jikalau terjadi gangguan kamtibmas resiko tinggi.

Untuk kenyamanan pemudik, sambung dia, pihaknya telah mendirikan pos di 43 titik. Diantarnya pos pelayanan, pos pengamanan, dan pos terpadu. Yang diisi oleh 3.024 personel gabungan polisi, TNI, Dishubkominfo, Pol PP, Jasa Raharja, dan elemen masyarakat.

“Ada juga Check Point di Kopang dan Batujai. Ini untuk menarik atus mudik motor yang dikawal bersamaan,” jelasnya. Ia menambahkan, mulai kemarin sejumlah pos tersebut telah ditempati oleh personel. Berdasarkan pantauan sementara pihaknya, arus mudik terkonsentrasi di Pelabuhan dan Bandara bakal mulai terlihat sejak hari ini (Jumat 1/7).

Dengan pemudik mulai bergerak sejak H-5 Idul Fitri. Ia mengimbau agar para pemudik tidak memaksakan diri ketika sudah mulai merasa lelah. Sejumlah Mapolsek dan Mapolres jajaran Polda NTB dapat dimanfaatkan pemudik untuk beristirahat.

“Biasanya di rumah ibadah di SPBU. Di kantor Polsek bisa juga digunakan sebagai Rest Area. Di Pos pelayanan, pos pengamanan juga kita siapkan,” ungkapnya. Untuk menambah kenyamanan pemudik, pihaknya juga bakal melakukan pengecekan terhadap angkutan umum lebaran. “Begitu pemudik turun di Lembar atau di Bandara, langsung kita sediakan cek kesehatan. Puskesmas di seluruh wilayah juga sudah disiapkan,” tandasnya. (azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close