BRIMOB NTB DALAM MISI PBB KE DARFUR SUDAN AFRIKA

sandrotribratanewsntb.com mataram– Polisi Penjaga Keamanan PBB, adalah Iptu Sandro Dwi Rahardian SIK yang saat ini menjabat sebagai Kanit 1 Subden 4 Den Gegana Sat Brimob Polda NTB dan Brigadir Moh. Redwan adalah Brigadir Subden 2 Den Gegana Sat Brimob NTB, mendapat kepercayaan mewakili Indonesia ke Darfur Sudan Afrika Sebagai Polisi Penjaga Keamanan PBB. Setelah sebelumnya mengikuti seleksi di Mabes Polri selama dua minggu sejak pertengahan Maret 2016, yang akhirnya lolos seleksi sebagai Anggota Formed Police United (FPU) IX mewakili Indonesia ke Darfur Sudan Afrika Sebagai Polisi Penjaga Keamanan PBB.

Dalam penugasan ini Iptu Sandro Dwi Rahardian SIK dalam formasi dipercaya sebagai Komandan Regu sedangkan Brigadir Moh. Ridwan sebagai anggota pasukan taktis.

Iptu Sandro panggilan akrabnya, Selasa (31/5/2016) mengatakan “bersyukur dan bangga dapat terpilih mewakili Indonesia dalam Misi kemanusiaan PBB, setelah berkompetisi dengan 800 anggota dari seluruh Indonesia yang ikut mendaftar, namun hanya 300 yang lolos dalam seleksi administrasi dan mengikuti seleksi tingkat Mabes untuk selanjutnya dari 300 anggota Polri yang lulus seleksi administrasi kemudian mengikuti rangkaian ujian materi lainnya meliputi kemampuan berbahasa Inggris, Kesehatan Jiwa, Psikologi, Komputer, Menembak, kesamaptaan jasmani dan mengemudi dari hasil ujian akhirnya hanya 140 yang terpilih bergabung dalam UNAMID (United Nations African Mission In Dafur), Brimob NTB hanya mengirim 2 anggota untuk mengikuti seleksi dan kami berdua bisa lulus dan terpilih sebagai Anggota Formed Police United (FPU) IX ke Darfur Sudan Afrika” demikian dikatakan Iptu Sandro yang dalam waktu dekat ini akan menuju Jakarta untuk mengikuti pembekalan latihan meliputi : Riot Control (pengendalian masa), Urban War (teknik pertempuran kota) dan freed hostage (pembebasan sandera) di Pusat Latihan Multifugsi Mabes Polri di Jakarta selama tiga bulan sebelum diberangkakan ke Darfur Sudan Afrika dan akan bertugas selama satahun.

imlagesFormed Police Unit ( FPU ) adalah sebuah Satuan Tugas yang terdiri dari 140 Personel Polisi berseragam yang memiliki keterampilan Khusus Kepolisian, seperti dalam pengendalian Masa, menggunakan persenjataan dengan dibekali teknik dan taktik pertempuran kota, pembebasan sandera, serta mampu mengatasi gangguan keamanan bersenjata dengan tingkat intensitas resiko yang tinggi, dan mampu bergerak dengan cepat di dalam lingkup area penugasan misi perdamaian PBB. Darfur adalah daerah Konflik yang meletus tahun 2003, yang menyebabkan jutaan manusia terpaksa mengungsi dan sebagian besar orang terbunuh akibat konflik berkepanjangan antara pemberontak melawan Pemerintah Sudan.(ijbm)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close