POLDA NTB BERTEKAD CETAK JURNALIS HANDAL

Wakapolda NTB pada saat membuka kegiatan penyegaran Opr PID Humas Polda NTB
Wakapolda NTB pada saat membuka kegiatan penyegaran Opr PID Humas Polda NTB

MATARAM –  Polda NusaTenggara Barat melatih 9 (sembilan) Operator Polres jajaran dan 28 (duapulu delapan) Operator Fungsi yang ada di satker Polda, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjadikan para Operator lebih Profesional dalam melaksanakan tugas pokoknya khusus di bidang pemberitaan di Media Massa, kegiatan yang dibuka pada tanggal 25 Mei tersebut bertempat di Ruangan Rupatama Polda NTB dan dibuka Langsung oleh Waka Polda NTB Kombes Pol Drs. Imam Margono. Ada yang berbeda dalam pelaksanaan pelatihan Operator PID kali ini, karena kali ini selain mendapatkan pelatihan secara teoristis, para Operator juga di ajak berkunjung ke beberapa media seperti Suara NTB, Lombok Post, Lombok TV dan TV 9 (26/05/2016). Para Operator dibagi menjadi dua kelompok dan menggunakan 2 (dua) Bus, Kelompok Pertama di ajak untuk mengunjungi Kantor Redaksi Suara NTB dan TV9.

Para Peserta saat belajar menjadi seorang Reporter
Para Peserta saat belajar menjadi seorang Reporter

Di Kantor Redaksi Suara NTB kelompok 1(satu) mendapatkan beberapa pelajaran bagaimana menjadi Jurnalis yang Profesional, seperti yang dikatakan oleh Penanggung jawab harian Suara NTB Agus parino ‘ Sebagai Jurnalis yang Profesional Seorang Jurnalis Harus Menguasai Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers dan kode etik Jurnalistik menulis sebuah berita haruslah sesuai dengan Fakta yang ada tanpa menggunakan nalar atau ilustrasi sendiri karena Masing-masing Jurnalis bertanggung jawab kepada Publik atas apa yang dia suarakan baik melalui Media Cetak maupun Media Elektronik.

 

Selesai kelompok satu berkunjung ke Kantor Redaksi Suara NTB, Kelompok Satu menuju TV 9 dengan tujuan belajar bagaimana menyampaikan berita yang baik dan benar, sesampai di Studio TV 9 kelompok satu disambut oleh Pak Iwan selaku Reporter TV 9, kamipun disambut dengan ramah tamah dan langsung diajak ke ruang Studio 1 untuk langsung memperaktekkan bagaimana menjadi seorang Reporter yang baik sehingga ketika kita berbicara pemirsa dapat dengan cepat memahami apa yang kita sampaikan serta pemirsapun tidak bosan mendengarkan apa yang kita sampaikan.

 

Dalam Kunjungan kelompok 1 (satu) ke TV 9, banyak ilmu yang dapat kami Ambil terkait bagaimana menyampaikan berita supaya para pemirsa tidak jenuh mendengarkan suara kita, Pak Iwan selaku Reporter TV 9 menyampaikan beberapa Tips Bagaimana menjadi Reporter yang Handal dengan Menguasai beberapa Hal diantaranya

  • Dalam menyampaikan Berita, diusahakan Reporter jangan sampi Grogi;
  • Reporter harus menguasai Intonasi dalam menyampaikan Berita;
  • Reporter harus menguasai Materi yang akan disampaikan.

Pelatihan penyegaran Operator PID HUMAS ini akan ditutup pada hari Jum’at tangal 27 Mei 2016 dengan Harapan para Operator PID jajaran dan beberapa Operator Fungsi Polda NTB dapat mengaplikasikan apa yang sudah didapatkan pada saat pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari terutama dalam hal membangun Opini Positif tentang Institusi Polri dan Mencouter Opini Negatif. (ayif)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close