Kapolres Sumbawa Mengeluarkan Maklumat Berkaitan Dengan Bahaya Paham PKI

Kapolres Sumbawa Muhammad SIK

Sebarkan Ajaran dan Simbol PKI Diancam 12 Tahun Penjara

Partai Komunis Indonesia (PKI) dan paham-pahamnya merupakan bahaya laten. Bahaya itu sudah mulai terlihat dengan bebasnya dan secara terang-terangan orang-orang menggunakan dan menyebarkan symbol atau lambang PKI “palu arit”. Karena itu Negara tidak tinggal diam, akan menindak tegas siapapun yang melakukannya, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 12 tahun. Salah satu upaya pencegahan tersebut, Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad SIK, mengeluarkan maklumat tentang larangan kegiatan yang bertujuan untuk menyebarkan/mengembangkan paham/ajaran komunisme/marxisme-leninisme. Maklumat bernomor MAK/01/V/2016/Polres Sumbawa ini berisi empat poin.Maklumat Kapolres

Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK  mengatakan maklumat ini diterbitkan untuk mewujudkan stabilitas kamtibmas di wilayah hukum Kabupaten Sumbawa. Sebab saat ini banyak ditemukan adanya pemakaian atribut atau kegiatan yang diduga bertujuan menyebarkan ajaran atau paham komunisme atau marxisme—leninisme yang menimbulkan reaksi masyarakat. Karena itu kepada seluruh masyarakat atau pihak manapun di Kabupaten Sumbawa agar tidak membuat atau menggunakan atribut seperti PIN, Kaos, dan bendera yang menunjukkan ajaran-ajaran atau paham komunisme atau marxisme-leninisme. Kemudian, tidak memposting foto-foto menggunakan pakaian atau kaos bergambar palu arit di media social. Serta tidak menayangkan film atau pagelaran seni yang bernuansa atau menyebarkan ajaran komunisme. Apabila menemukan adanya hal-hal tersebut, Kapolres meminta masyarakat segera melaporkannya kepada kepolisian Resort Sumbawa. “Bisa juga menghubungi kami melalui nomor handphone 087865516665 agar segera ditindaklanjuti,” kata Kapolres.

Kepada pihak-pihak yang menyebarkan ajaran atau paham komunis serta menggunakan dan menayangkan symbol-simbol PKI akan dipidana sesuai UU No. 27 Tahun 1999 tentang Perubahan Pasal Dalam KUHP khususnya di KUHP Buku ke-2 Bab 1 tentang Kejahatan Terhadap Keamanan Negara. Ini diatur dalam pasal 17a dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 12 tahun. “Maklumat ini kami sampaikan untuk diketahui dan diindahkan oleh seluruh masyarakat serta dilaksanakan demi tegaknya pancasila dan NKRI,” demikian Kapolres. (HUMAS POLRES SUMBAWA)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close