OPERASI BERSINAR PERLU DUKUNGAN SEMUA PIHAK

H Lalu Anggawa Nuraksi
H Lalu Anggawa Nuraksi

Oleh : Drs. H. Lalu Anggawa Nuraksi (Tokoh Masyarakat Budaya Adat Sasak)

NARKOBA adalah barang yang sangat berbahaya,  bisa merusak fisik, mental dan prilaku seseorang.  Narkoba adalah sumber dari tindakan kriminal  yang bisa  mengganggu ketentraman dan ketertiban umum.

Pengguna narkoba di Indonesia dari tahun ke tahun prosentasenya terus meningkat, sekitar 3 % pertahun.  Tahun 2016  diprediksi angka prevalensi pengguna narkoba hampir mencapai 6 juta orang, paling banyak yang terjerat narkoba adalah anak-anak atau remaja yang mencapai 30-40 persen. Di Indonesia rata-rata meninggal setiap harinya karena narkoba sebanyak 50 orang dengan kerugian diperkirakan lebih dari Limapuluh Triliun Rupiah setiap tahunnya.

Perang Melawan Narkoba, yang dinyatakan oleh  Presiden Joko Widodo, bukan menjadi tanggung jawab Badan Nasional Narkotika (BNN) atau Kepolisian Negara RI saja untuk menindak lanjutinya, melainkan juga menjadi tanggung jawab semua komponen bangsa.

Operasi Bersinar, operasi bersih narkoba, yang dicanangkan pihak kepolisian sebagai tindak lanjut pernyataan presiden, perlu mendapat dukungan dari semua komponen bangsa sesuai bidang dan profesi  masing-masing. Para penegak hukum melakukan pendekatan hukum, para agamamawan melakukan pendekatan agama dan para budayawan melakukan pendekatan budaya melalui kearifan lokal yang dimiliki di masing-masing daerah.

Seiring dengan dilaksanakannya Operasi Bersinar dan berbagai langkah dan program yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan berbagai komponen bangsa lainnya, langkah yang tidak kalah pentingnya untuk kita  lakukan sebagai bentuk dukungan Perang Melawan Narkoba adalah dengan bersih narkoba yang kita lakukan  mulai dari diri kita sendiri dan   keluarga kita.

Dalam keluarga yang paling berperan adalah  orang tua. Orang  tua harus membimbing putra dan putrinya, memberikan contoh dan suritaoladan untuk bersih diri dari narkoba. Manakala orang tua tidak peduli dengan putra-putrinya, tidak pernah membimbing dan menghiraukan pergaulan anak-anaknya,  maka sudah dipastikan anak-anaknya   akan terjerumus kedalam narkoba.

Mari, kita dukung Operasi Bersinar, operasi bersih narkoba, kita bebaskan Indonesia dari Jeratan Narkoba !

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close