Ratusan Liter Minuman Tradisional Disita Polres Loteng

minuman tradisional tuak
minuman tradisional tuak

tribratanewsntb.com Praya – Jajaran Polres Lombok Tengah (Loteng) awal pekan ini mulai menggelar operasi Bina Kusuma II Gatarin 2016, dengan sasaran minuman keras (miras) serta senjata tajam (sajam). Hasilnya, ratusan liter miras tradisional jenis tuak sudah berhasil disita. Dalam penggrebekan ditiga pangkalan miras diwilayah Desa Ganti Praya Timur, Senin (18/4) kemarin.

Operasi sendiri melibatkan sekitar 40 personil dari beberapa kesatuan yang ada. Seperti Sat Binmas, Sat Intelkam, Reskrim, Resnarkoba dan di back Sat Sabhara serta Polsek Praya. Dalam penggrebekan pertama, polisi menyasar pangkalan miras yang ada diwilayah Dususn Bebile milik Amaq Sairah. Disana polisi berhasil menyita sekitar 70 liter miras jenis tuak.

Usai dari pangkalan miras milik Amaq Sairah, polisi kemudian bergerak menuju pangkalan miras milik Papuq Leni, didusun yang sama. Total ada sekitar 20 liter miras jenis tuak yang berhasil disitu dipangkalan miras tersebut. “Baru saat menggrebek pangkalan miras ketiga, polisi menyita miras lebih banyak mencapai 100 liter,”sebut Kasubag. Humas Polres Loteng, AKP Made Suparte, Selasa (19/4).

Miras tersebut merupakan milik Retinep, warga Dusun Ganti I Desa Ganti. Seluruh barang bukti tersebut pun sudah diamankan di Mapolres Loteng. Termasuk pemilik pangkalan miras, juga sudah dimintai keterangan.

Selain miras, lanjut Suparte, pada operasi yang sama polisi juga menyita sejumlah sajam milik Oji Saputra warga Dusun Tango Desa Sukaraja dan Agus Keruak Lombok Timur (Lotim).

Dijelaskannya, operasi itu digelar untuk menekan peredaran miras. Termasuk narkoba serta sajam. Mengingat, miras dan narkoba selama ini menjadi salah satu pemicu maraknya aksi kejahatan diwilayah hukum Polres Loteng. Dengan begitu, diharapkan aksi kejahatan didaerah ini bisa ditekan. “Operasi ini sendiri akan terus digelar. Sampai peredaran narkoba dan miras bisa ditekan,” pungkasnya.(azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close