Di Banyumulek, Polres Lombok Barat Redam Sebaran Isu Santet

ilustrasi isu santet
ilustrasi isu santet

tribratanewsntb.com, Lombok Barat – Kapolres Lombok Barat AKBP Wingky Hadityo Kusumo, SIK, MH menuturkan saat ini pihaknya tengah mendapatkan laporan terkait hasil perkiraan dukun santet hingga menyebabkan AQ seorang  warga dari Banyumulek Lombok Barat mendekam di Polsek Kediri untuk mengamankan dirinya dari ancaman Isu warga yang menduga dirinya penyebab ancaman santet berawal.

“Kami telah menerima pengaduan dari Saudari Munirah dan Saudara Abdul Rohim, terkait ancaman ilmu hitam santet yang diisukan dari warga berinisial AQ” ungkap Kapolres.

Berkembang isu dimasyarakat ada dugaan AQ 60 tahun, pengerajin asal banyumulek ini merasa dirugikan karena telah kehilangan satu unit traktor miliknya dibulan januari 2016 lalu, hingga membuatnya tak ingin penasaran menghantui akan siapa yang tega melakukan pencurian itu, iapun beranjak mencari dukun yang berdomisili Ampenan, alhasil sang dukun menceritakan ciri yang mengarah kepada tiga orang yang dikenal AQ, salah satunya Saudari Munirah yang beralamatkan Dusun Kerangkeng Barat, Banyumulek Lombok Barat.

Merasa informasi dukun sangat akurat, tanpa panjang pikir, untuk membalaskan perbuatannya AQ merencanakan akan menghabisi ketiganya dengan menggunakan ilmu hitam atau santet melalui perantara suruhannya Ahmad dan Kamiludin agar menaruh barang santetnya disebuah salah satu rumah targetnya.

Kini Polsek Kediri mengerahkan Babhinkamtibmasnya untuk mencari Ahmad dan Kamiludin untuk kepastian isu yang beredar dan tak ingin kecolongan aksi masa berlebih, Kapolsek bersama Kadus redam emosi warga lainnya agar tak tersulut isu yang berkembang.

“Sementara Kapolsek Kediri bersama Kepala Dusun Banyumulek sudah meredam dengan memberi pemahaman kepada pihak yang terancam ilmu hitam tersebut, juga kepada warga lainnya agar tidak termakan isu” tambahnya.

Hembusan demi hembusan mulut satu kemulut yang lain, tak berkesudahan hingga merebak suara sumbang atas tuduhan tak bertuan mengatasnamakan “katanya”, hal tersebutlah yang diantisipasi oleh pihak Kepolisian untuk berjaga dan mengamankan AQ aktor praduga dibalik isu yang berkembang.

“AQ sudah kami amankan untuk menghindari main hakim sendiri oleh pihak yang terancam ilmu hitam santet” tambahnya.

Sebagai pencegahan lebih lanjut, Polsek Kediri tetap melakukan patroli  dan memantau perkembangan yang terjadi di masyarakat Desa Banyumulek Lombok Barat, hingga berita ini turun situasi masih dalam keadaan kondusif. (yos)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close