AKSI UNJUK RASA DARI LEMBAGA PEMANTAU PENGAWASAN KORUPSI ( LPPK ) – NTB

12 April, 2016
75 Views
Massa aksi dari aksi dari LPPK – Bima melakukan aksinya di kantor BPPKB Kab. Bima.

Massa aksi dari aksi dari LPPK – Bima melakukan aksinya di kantor BPPKB Kab. Bima.

Bima Kota, aksi unjuk rasa dari Lembaga Pemantau Pengawasan Korupsi ( LPPK ) –  NTB Senin (11/04/2016) pukul 09.00 wita di kantor  Badan kependudukan dan Keluarga Berencana ( BPPKB ) Kab. Bima, Kejaksaan Tinggi Negeri Raba Bima, Pengadilan Tinggi Negeri Raba Bima. Dengan tuntutan meminta agar para penegak Hukum untuk melakukan tindakan tegas dalam menangani kasus Amoral dan Pelecehan Seksual terhadap anak dan Perempuan, perangkat aksi yang digunakan 3 Mobil Pick- up, 10 Spm, Sound System, Bendera dan selebaran, dengan jumlah massa sebanyak 70 Orang, yang bertindak sebagai Koorlap M. SIDIK.

Pukul 09.30 wita massa aksi tiba di kantor BPPKB Kab. Bima dan langsung menyampaikan pernyataan sikapnya yang intinya :

  • Pihak BPPKB Kab. Bima seakan menutup mulut dan telinga terhadap kasus Pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak yang saat ini semakin meningkat.
  • Semestinya pihak BPPKB Kab. Bima mendukung maupun mengawal setiap kasus pelecehan seksual yang terjadi.
  • Meminta Dokumentasi atau data yang menjadi tugas dari pihak BPPKB Kab. Bima.

Adapun tanggapan dari pihak BPPKB Kab. Bima yang diwakilkan oleh Sdra. ARIS MUNAWAR selaku Sekretaris BPPKB Kab. Bima yaitu :

  • Pihaknya tetap melakukan Koordinasi dengan Instansi terkait apabila terjadi kasus seperti pelecehan Seksual terhadap anak.
  • Melakukan penyuluhan terhadap sekolah – selolah terkait kasus pelecehan seksual yang saat ini kian marak.
  • Pihaknya sudah Masuk ke setiap organisasi wanita penyuluhan agar di sampaikan ke tingkat masyarakat.
  • Apa yang dikhawatirkan oleh massa aksi pihaknya mengapresiasi sudah mengingatkan dan sudah melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur.

Massa aksi kurang puas dengan tanggapan yang diberikan oleh pihak BPPKB Kab. Bima karena tidak bisa memberikan dokumen atau data yang dianggap sudah dilaksanakan oleh pihak BPPKB Kab. Bima. Pukul 10.50 wita selanjutnya massa aksi melanjutkan aksinya ke Kantor Kejaksaan Negeri Raba Bima dengan tuntutan agar kasus pelecehan seksual yang terjadi dilanggudu bisa di utamakan  dari kasus – kasus yang lain. Tanggapan dari pihak Kejaksaan Negeri Raba Bima yang diwakili oleh Sdra. IGST NGURAH AGUNG PUGER, SH. selaku Kasi Pidum di Kejaksaan Negeri Raba Bima Sbb :

  • Kasus pencabulan yang dituntun oleh massa aksi sudah dilimpahkan ke Pengadilan dan sudah menjadi kewenangan Pengadilan.

Merasa puas dengan apa yang disampaikan oleh pihak kejaksaan negeri Raba Bima massa aksi melajutkan aksinya ke kantor Pengadilan Negeri Raba Bima. Sesampainya dikantor Pengadilan Negeri Raba Bima massa aksi langsung menyampaikan aspirasinya yang intinya :

  • Meminta kepada pihak Pengadilan Negeri Raba Bima melalui Hakim agar memberikan hukuman yang setimpal terhadap tindakan para pelaku pemerkosaan dan kekerasan terhadap anak dibawah umur sesuai dengan undang – undang yang berlaku.
  • Meminta kepada Pengadilan Negeri Raba Bima sebagai lembaga yang memiliki kekuatan hukum agar tetap konsisten untuk menjunjung tinggi ( Before Of The Low ) bahwa dimata hukum semua sama tanpa terkecuali, bukan karna faktor jabatan, tua atau muda, guru pendidik atau guru ngaji, pengacara, Hakim, Jaksa, Polisi, dll.

Selama massa aksi melakukan orasi pihak Pengadialan tidak memberikan tanggapan apapun.

Personil Polres Bima Kota melakukan Koordinasi dengan koorlap aksi dari LPPK – Bima Sdra. M SIDIK.

Personil Polres Bima Kota melakukan Koordinasi dengan koorlap aksi dari LPPK – Bima Sdra. M SIDIK.

Selanjutnya pukul 13.00 wita pada saat massa aksi masuk keruang sidang secara bergrombolan namun di himbau oleh personil Dalmas Polres Bima Kota agar tidak masuk ke ruang sidang, akan tetapi massa aksi tidak mau keluar dari ruang sidang, pada saat itu juga sempat terjadi saling dorong antara massa aksi dan personil Dalmas, sehingga menyebabkan sedikit kericuhan di dalam pengadilan Negeri Raba Bima. Atas kejadian tersebut massa aksi membubarkan diri sementara situasi masih Kondusif.

Pukul 13.30 wita aksi unjuk rasa tersebut berakhir berjalan dengan aman dan lancar serta dilakukan pengamanan oleh personil Dalmas, 1 Sat Intelkam, 1 Unit Patmor, Gabungan personil Polsek Rasanae Barat yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bima Kota KOMPOL H. NURDIN.

You may be interested

Karo SDM Pastikan Pengembangan Karier di Polda NTB Transparan
Headline
shares4 views
Headline
shares4 views

Karo SDM Pastikan Pengembangan Karier di Polda NTB Transparan

adminpolda 7 - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44570" align="alignnone" width="600"] Karo SDM Polda NTB Kombes Pol. Eka Satria Bhakti, SIK saat memberikan sambutan[/caption] Mataram - Kepala…

Kakek 70 tahun,Tega Cabuli bocah 13 tahun
Headline
shares8 views
Headline
shares8 views

Kakek 70 tahun,Tega Cabuli bocah 13 tahun

Polres Kab Sumbawa Barat - Des 12, 2017

Taliwang_Sungguh malang nasib SB, bocah 13 tahun ini  harus menjadi korban kejahatan seksusal  dari kakek MT (70 tahun) yang tidak…

Ngamuk Di Pasar, Preman ini Malah “Nangis” Saat Akan Ditangkap Polisi
Binkam
shares8 views
Binkam
shares8 views

Ngamuk Di Pasar, Preman ini Malah “Nangis” Saat Akan Ditangkap Polisi

Polres Dompu - Des 12, 2017

[caption id="attachment_44563" align="alignnone" width="300"] Salah seorang preman saat akan ditangkap sehabis mengamuk dipasar[/caption] Dompu - Sejatinya seorang preman berbadan tegap…

Leave a Comment

Your email address will not be published.