Pekerja Proyek PLTU Jeranjang Alami Kecelakaan Kerja

12 Mei, 2016
194 Views
ilustrasi kecelakaan kerja

ilustrasi kecelakaan kerja

tribratanewsntb.com Lombok Barat – Pekerja proyek PLTU Unit III Jeranjang bernama Rasini (36) asal Dusun Penarukan Lauk Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung mengalami kecelakaan kerja sekitar pukul 14.30 Wita Jumat (7/4) kemarin. Pekerja ini mengalami kecelakaan saat memperbaiki pipa diatas boiler (tong), naas ketiga hendak turun korban jatuh ke dalam boiler hingga menglami luka parah tulang punggungnya retak dan robek bagian pipi kanan serta memar pada bagian kepala.

Informasi yang diperoleh dari pihak keluarga, korban mulai bekerja sekitar pukul 08.00 Wita. Ia bekerja bersama 10 orang rekannya. Rasimin (30) adik kandung korban menuturkan, korban baru saja kembali bekerja sekitar dua hari. Sebelumnya ia bekerja di tempat ternak ayam potong. Sebelumnya juga, korban pernah bekerja di PLTU namun masa kontraknya telah berakhir tujuh bulan lalu. Terkait kronologis kejadian, ia dan keluarga tidak mengetahui persis kejadiannya. Sebab Mereka baru mengetahuinya ketika sudah berada di IGD RSUD Kota Mataram pada pukul 15.00 Wita.

Rasimin mengatakan, korban bekerja dibawah naungan dari PT. Sangkareang. Parman selaku koordinator siap bertanggung jawab hingga korban sembuh. Ia bersama keluarga telah menerima itikad baik tersebut. “Yang penting kesembuhan untuk kakak,” ujarnya.

Saksi mata, Abdal menyatakan, korban bekerja sebagai pemasang Skapolding ( alat bantu memanjat ). Rencananya, ia bersama rekan akan memperbaiki saluran pipa yang bocor di alur pengapian. “Tapi naas dia terjatuh saat mau turun,”terang Abdal seorang saksi mata melihat kejadian itu. Abdal menuturkan kronologi kejadian kecelakaan kerja itu pukul 14.30 Wita, hujan mulai turun. Melihat akan terjadi hujan, korban pun hendak turun. Pada saat turun itulah, korban terjatuh dari ketinggian 23 meter ke dalam lubang Boiler Sixlon (tempat pengapian) yang telah dinon aktifkan. Korban kemudian dikeluarkan melalui lubang dasar boiler tersebut. Setelah itu, korban dilarikan ke rumah sakit Kota Mataram untuk mendapatkan perawatan intensif.

Sementara itu, Kapolsek Gerung, AKP Zaky Maghfur, SIK membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya memperoleh informasi sekitar pukul 20.30 bahwa ada kejadian pekerja PLTU yang terjatuh. ìKejadiannya sekitar pukul14.30 Wita, saat itu korban mau turun karena mau hujan, tapi terjatuh,ìterang Kapolsek. Ia mengaku, korban bernama Rasini pekerja saalah satu proyek pemasangan tangga di PLTU jeranjang. Namun ketika turun, korban mengalami kecelakaan terjatuh dari atas dengan ketinggian lebih dari 20 meter. Setelah kejadian, korban pun langsung dilarikan ke rumah Sakit Kota Mataram.

Informasi yang ia perolah bahwa, kondisi korban mengalamu tulang punggung retak, luka sobek bagian muka dan memar dibagian kepala. Setelah kejadian itu, belum ada laporan dari pihak keluarga. Namun pihaknya akan membuatkan lpaoran polisi terkait kasus ini. Tindakan yang dilakukan saat ini pihaknya hanya melakukan pemeriksan pendahulian, Pihaknya memasang police line dan memanggil sejumlah saksi-saksi dari pihak pekerja, kontraktor dan pihak terkait lainnya. “Kami hanya penanganan awal, kalau terkait penanganan lebih lanjut dan intensifnya di polres,”imbuhnya. (azi)

You may be interested

Tenggelam Saat Memancing, Polisi Evakuasi Korban Dalam Keadaan Meninggal Dunia
Umum
shares6 views
Umum
shares6 views

Tenggelam Saat Memancing, Polisi Evakuasi Korban Dalam Keadaan Meninggal Dunia

Polres Dompu - Jan 18, 2018

[caption id="attachment_46618" align="alignnone" width="300"] Pihak kepolisian bersama warga saat mencari korban[/caption] Dompu - Nasib na'as harus menimpa korban Syarifuddin Muahmmad…

Umum
shares5 views

Dit Polair Polda NTB Kembali Gagalkan Pengiriman Bibit Lobster

Polair Polda NTB - Jan 18, 2018

Tribratanews.ntb.polri.go.id  Kamis (18/1) sekitar pukul 01.00 wita dini hari, Dit Polair Polda NTB mengamankan 1 (satu) unit Truck Mitsubishi dengan…

Wakapolda NTB : Sarana dan Prasarana Yang Ada di Wilayah Harus Selalu Diperhatikan Dan Dijaga
Umum
shares5 views
Umum
shares5 views

Wakapolda NTB : Sarana dan Prasarana Yang Ada di Wilayah Harus Selalu Diperhatikan Dan Dijaga

spripim ntb - Jan 18, 2018

[caption id="attachment_46609" align="alignnone" width="960"] Kombes Pol Drs Tajuddin M.H dan Karo Sarpras membuka acara Sosialisasi Bimtek Sarpras[/caption] Mataram - Kamis,…

Leave a Comment

Your email address will not be published.