PEDULI LINGKUNGAN, SABHARA SIKAT HABIS SAMPAH LOTIM

6 April, 2016
104 Views
Kasat Sabhara bersama anggota saat membersihkan sampah yang menggenang di sungai Bantek Labuhan Haji

Kasat Sabhara bersama anggota saat membersihkan sampah yang menggenang di sungai Bantek Labuhan Haji

Selong-Polisi tidak selalu identik bertugas  menangkap maling, koruptor, mengamankan kerusuhan dan lain-lain,  namun polisi juga punya kepedulian terhadap lingkungan. Terutama kepedulian akan keberadaan sampah yang sektika dapat memicu terjadi bencana banjir.

Beberapa hari   terakhir ini, anggota Sabhara Polres Lombok Timur  disibukkan dengan berkeliling ke sejumlah desa.   Apa yang mereka lakukan ini, tindak lanjut  dari program prioritas Mabes Polri terkait soal sampah. Dari program tersebut, Polres Lotim pun membentuk Satgas 9. Satgas yang beranggotakan satu pelton personil  Sabhara    secara khusus ditugaskan untuk menangani persoalan sampah di wilayah Lotim.

Kegiatan bersih sampah sudah mulai dilakukan sejak beberapa hari lalu.  Selama kegiatan dilakukan, sudah banyak lokasi  didatangi.  Salah satunya sungai-sungai dengan kondisi sampah cukup memperihatinkan.  Para petugas yang tergabung Satgas 9  turun dengan membawa perlengkapan  dan peralatan untuk mengangkat sampah.

GHJUGKGH

Kasat Sabhara Polres Lotim AKP Didik Haryanto selaku ketua tim mengaku, kegiatan yang mereka lakukan ini sebagai bentuk antisipasi dan kepedulian  akan bencana banjir. Karena tak  dipungkiri, yang namanya bencana kapan pun bisa datang tanpa diduga. Untuk itu, diperlukan kewaspadaan dini. Masalah sampah, dimana pun selau menjadi pemciu bencana banjir. Kurangnya kesadaran masyarakat, menyebakan  sungai, maupaun saluran irigasi sering kali ditumpuki sampah. Sehingga disaat musim hujan, air meluap hingga menyebabkan banjir.

”Kita perlu mengantisipasi bencana banjir. Karena sampah ini salah satu penyebab terjadinya banjir ,” katanya.

Gerakan bersih sampah Satgas 9 ini sudah dilakukan di sejumlah sungai. Diantaran disungai Lingkok dan Sungai Bantek di Labuan Haji. Di dua sungai ini, anggota pun berjibaku membersihkan  semua tumpukan sampah dengan peralatan seadanya.‘’ Program ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan,” sebutnya.

Penangan sampah ini tidak hanya fokus di sungai. Namun lokasi lain  yang banyak ditemukan sampah juga  menjadi prirotas polisi. Keberadan Satgas ini  kapan pun selalu  siap siaga.  Begitu masyarakat membutuhkan bantuan, dimana dan kapan pun mereka akan langsung merespon.‘’ Begitu juga kalau ada bencana, kita siap meluncur ketika dipanggil masyarakat,” terangnya.

Semua yang dilakukan itu diharapkan bisa dicontohkan oleh masyarakat. Kebersihan lingkungan tidak hanya tanggung jawab pihak tertentu saja,melainkan masyarakat sebutnya punya peran penting menjaga semua itu.  Untuk itu, masyarakat diimbau  punya kesadaran dan kepdulian tinggi terkait kondisi lingkungan sekitar. Jangan sampai  sampah dibuang sembarang tanpa memikir dampaknya dikemudian hari.

You may be interested

DPO Bandar Sabu Asal Kelurahan Tanjung Akhirnya Ditangkap Polisi
Headline
shares8 views
Headline
shares8 views

DPO Bandar Sabu Asal Kelurahan Tanjung Akhirnya Ditangkap Polisi

Polres Bima Kota - Nov 24, 2017

[caption id="attachment_43559" align="alignleft" width="253"] RM alias Mandor Li saat diamankan di sat Narkoba Polres Bima Kota[/caption] Bima Kota -  Tak…

Asik Pesta Sabu, Dua Remaja Ini Ditangkap Polisi
Headline
shares19 views
Headline
shares19 views

Asik Pesta Sabu, Dua Remaja Ini Ditangkap Polisi

Polres Bima Kota - Nov 23, 2017

[caption id="attachment_43541" align="alignleft" width="280"] AE dan YL bersama barang bukti saat diamankan di Sat Narkoba Polres Bima Kota[/caption] Bima Kota…

Kapolri Hadiri Munas Alim Ulama dan Konfersensi Besar NU di Lombok
Headline
shares2 views
Headline
shares2 views

Kapolri Hadiri Munas Alim Ulama dan Konfersensi Besar NU di Lombok

adminpolda 7 - Nov 23, 2017

[caption id="attachment_43554" align="alignnone" width="600"] Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian tiba di BIL[/caption] Mataram – Kapolri Jenderal Polisi H.…

Leave a Comment

Your email address will not be published.