Polres Dompu Tahan Tiga Tersangka Kasus PNPM Mandiri

polres dompu
polres dompu

tribratannewsntb.com Dompu – Polres Dompu akhirnya menahan 3 orang tersangka kasus dugaan korupsi simpan pinjam perempuan (SPP) PNPM Mandiri Kecamatan Kempo tahun 2012. Dua tersangka ditahan di Mapolres Dompu dan tersangka bendahara ditahan di Polsek Kota. Sementara berkas perkaranya baru dikirim ke Kejaksaan untuk diteliti.

Kasat Reskrim Polres Dompu, AKP Herman kepada wartawan, Sabtu (27/3) kemarin, membenarkan penahanan terhadap 3 tersangka kasus SPP PNPM Mandiri Kecamatan Kempo tahun 2012. Ketiga tersangka yang ditahan berinisial Ik selaku ketua PNPM Kempo, wy selaku sekretaris dan YR selaku bendahara.

“Kita tahan Sabtu ini untuk 20 hari pertama. Dua orang ditahan di Polres untuk tersangka IK dan WY. Kalau YR kita titip di tahanan Polsek Kota,” kata Herman. Berkas ketiga tersangka, kata Herman, baru dilimpahkan tahap pertama ke Kejaksaan, Rabu (24/3) lalu. Menunggu hasil penelitian jaksa baru akan dilengkapi berkasnya bila ada kekurangan. Bila dinyatakan lengkap, para tersangka akan dilimpahkan ke Jaksa penuntut untuk dilanjutkan ke tahap persidangan.

“Kita tunggu hasil penelitian jaksa baru kita limpahkan tersangka,” ungkapnya. Kasus PNPM Mandiri Kecamatan Kempo mulai selidiki Polisi sejak tahun 2014 lalu dan hasil perhitungan kerugian negara dari BPKP perwakilan NTB baru diperoleh awal Maret 2016. Dari total anggaran sebesar Rp.4 M tahun 2012, ditemukan kerugian negara sebesar Rp.500 juta lebih. Modusnya, oknum pengurus PNPM Mandiri Kecamatan Kempo diduga memalsukan kelompok penerima program SPP. Namun uang yang cair justru dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi. (azi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close