Kasus Bansos Dompu Ditingkatkan ke Penyelidikan

11 April, 2016
113 Views
ilustrasi dana bansos

ilustrasi dana bansos

tribratanewsntb.com Mataram – Kabupaten Dompu sedang menjadi objek sasaran penyelidikan dua aparat Penegak Hukum, Kejaksaan dan Kepolisian. Selain kasus Bansos pertanian diusut Kejaksaan, kepolisian jauh sebelumnya membidik dana Bansos di Bagian Kesra. Puluhan saksi sudah diperiksa dan kasusnya telah ditingkatkan ke penyelidikan.

Ada tiga saksi dimintai keterangan sejak Selasa (22/3) hingga Kamis (23/3) kemarin. Para saksi ini adalah penerima bantuan. “Saksi yang kami periksa adalah penerima bantuan,” kata Kasubdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda NTB, AKBP Andy Hermawan, SIK, Rabu (23/3), sembari menegaskan, dari hasil pengembangan, penanganan bansos ini sudah ditingkatkan ke penyelidikan. Para penerima bantuan itu sebelumnya tercatat dalam pengeluaran anggaran pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Dompu. Dengan jumlah bervariasi, mereka dikucurkan bantuan anggaran untuk pembinaan kelompok atau organisasi dan dukungan kegiatan lainnya. “Berapa yang mereka terima, berapa yang terpakai, itu yang kita cocokkan dalam pemeriksaan itu,” kata Andy.

Selain perwakilan organisasi penerima bantuan, sebelumnya sudah diperiksa juga mantan Kepala BPKAD Rasyidin. Dia dianggap mengetahui bagaimana proses pengeluaran dan penggunaan anggaran bansos ketika itu. Karena , disebutkan Andy, yang sedang diusut adalah penggunaan dana Bansos 2011 dan 2012.

Diusutnya kasus dugaan penyimpangan pada bansos Kabupaten Dompu berawal dari laporan masyarakat ke Subdit III Tipikor, terkait penggunaan dana Bansos 2011 senilai Rp 19 Miliar dan dana Bansos Bansos 2012 senilai 13,6 miliar. Tim sudah turun ke Dompu untuk menyita cukup banyak dokumen yang dimasukkan dalam 6 karung.

Ditambahkan Andy, tumpukan dokumen itu sudah diteliti satu per satu oleh timnya. Dari data itu, disinkronkan dengan bukti – bukti yang dimiliki pihak pemda setempat. “Data data yang kita pilah pilah itu, kita sinkronkan dengan keterangan saksi. Nanti kita pilah, mana yang menyimpang dan tidak,” tegasnya. (azi)

You may be interested

Indahnya Berbagi, Dit Sabhara Polda NTB Beri Sembako Kepada Warga Kurang Mampu
Binkam
shares1 views
Binkam
shares1 views

Indahnya Berbagi, Dit Sabhara Polda NTB Beri Sembako Kepada Warga Kurang Mampu

DIT SABHARA - Jan 19, 2018

Mataram - Salah satu perwujudan program Nawa Cita yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi serta dalam rangka mendukung Program Kapolri dimana…

Umum
shares4 views

Menyelamatkan Aset Negara dengan Melepaskan Kembali 9.150 baby lobster ke habitatnya

Polair Polda NTB - Jan 19, 2018

Lembar (Tribratanews) – Direktorat Kepolisian Perairan Polda NTB bersama Petugas Karantina Ikan Kelas II mataram dan Petugas BPSPL mataram bersama…

Umum
shares5 views

Dit Sabhara Maksimalkan Patroli Sambil Bagikan Empati

DIT SABHARA - Jan 19, 2018

Mataram - Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) merupakan suatu kewajiban yang diemban oleh Kepolisian, terlebih pada masa pemilihan kepala…

Leave a Comment

Your email address will not be published.