Operasi Simpatik Berakhir, Masyarakat Lebih Tertib Berlalu Lintas

12874474_1311797288837398_1396286228_o

tribratanewsntb.com – Mataram Operasi Simpatik yang berakhir tanggal 21 Maret 2016 lalu berjalan optimal atas dukungan dari berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar Dit Lantas Polda NTB.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu(23/3) Direktur Lalu Lintas Polda NTB Drs Edi Ciptianto menjelaskan bahwa Operasi Simpatik ini sasarannya berada di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) dan telah berjalan dengan lancar.

“Pada dasarnya kegiatan Operasi Simpatik berjalan lancar, ini tentu saja bukan semata – mata kinerja kami dari Direktorat Lalu – Lintas ataupun jajaran namun secara Internal didukung oleh satker lain dari Dit Sabhara, Brimob, Binmas dan Humas kemudian didukung juga dari TNI” ungkapnya.

Operasi kali ini menuai hasil yang signifikan dari kegiatan yang bersifat prefentif yaitu penjagaan dan patroli mengalami peningkatan sebesaar 40% dari tahun 2015. Kemudian kegiatan preemtif dengan upaya terobosan kreatif seperti mengikut sertakan komunitas lokal, komunitas otomotif dan budaya lokal untuk menghimbau masyarakat meningkat sekitar 50%. Selanjutnya dalam penegakan hukum dengan mengadakan razia dengan memberi tilang berhasil menjaring 10.000 lebih pelanggar sedangkan memberikan teguran simpatik sebanyak 12.000 pelanggar dari seluruh wilayah NTB.

“Pelanggaran terbanyak masih seputar pemakaian helm, kemudian administrasi tidak membawa SIM dan STNK serta pelanggaran rambu dan marka jalan” ujarnya.

Diharapkan bagi masyarakat dapat lebih tertib berlalu lintas setelah berakhirnya Operasi Simpatik ini, karena telah banyak menerima himbauan – himbauan maupun teguran yang bersifat simpatik dari petugas untuk keselamatan bersama. [hoff]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close