AKSI UNJUK RASA DARI FORUM PEMUDA PEDULI SUPREMASI HUKUM

23 Maret, 2016
47 Views
Unjuk rasa dari Forum Pemuda Peduli Supremasi Hukum ( FPPSH ) di depan Mako Polres Bima Kota

Unjuk rasa dari Forum Pemuda Peduli Supremasi Hukum ( FPPSH ) di depan Mako Polres Bima Kota

Bima Kota, Aksi unjuk rasa dari Forum Pemuda Peduli Supremasi Hukum ( FPPSH ) Selasa (22/03/2016) pukul 09.49 wita di Mako Polres Bima Kota, Sat Reskrim Polres Bima Kota dan Kantor DPRD Kab. Bima terkait perkembangan penanganan kasus pengerusakan Kantor Desa Rupe Kec Langggudu Kab Bima dengan tersangka anggota DPRD Kab. Bima an. NUKRAH, S.Sos oleh penyidik Kepolisian dengan nomor : B/2242/X/2014/Reskrim tanggal 28 Oktober 2014 dengan Aksi menggunakan perangkat berupa 1 unit R4 Pick Up nomor Polisi : B 9563 CAC, Sound System dengan jumlah masa aksi sekitar 7 orang yang bertindak sebagai koorlap sdra. IRAWAN. Pukul 09.49 wita massa aksi tiba di Mako Polres Bima Kota dan langsung melakukan orasi secara bergantian dengan tuntutan :

  • Meminta kepada Kapolres Bima Kota agar bertindak objektif dalam penyelesaian persoalan tindak pidana yang ada di Kota dan Kabupaten Bima.
  • Mendesak Kapolres Bima Kota agar menindak lanjuti surat penetapan tersangka anggota DPRD Kab. Bima an. NUKRAN, S.Sos.
  • Mendesak Kapolres Bima Kota untuk segera melimpahkan berkas P19 ke P21 an. NUKRAN, S.Sos.

Pukul 10.02 wita Kasat Binmas Polres Bima Kota AKP M. YAMIN Memberikan Himbauan kepada massa aksi dan Mengarahkan serta menyarankan agar massa aksi koord dengan Sat Reskrim karena yang menangani kasus tersebut adalah Sat Reskrim, atas himbauan tersebut massa aksi menerima dan selanjutnya menuju ke Sat Reskrim Polres Bima Kota. Pukul 10.02 wita dalam perjalanan menuju Kantor Sat Reskrim, massa aksi sempat berhenti sekitar 5 menit di depan Kantor Kejaksaan Negeri Raba Bima dan menyampaikan orasi yang intinya meminta kepada Kepala Kejaksaan Negeri Raba Bima harus Bertindak obyektif dalam menyelesaikan persoalan hukum yang dilakukan oleh anggota DPRD Kab. Bima an. NUKRAH, S.Sos.

Giat audiensi diterima oleh Kasat Reskrim Polres Bima Kota AKP ANTONIUS F. GEA SH S.Ik.

Giat audiensi diterima oleh Kasat Reskrim Polres Bima Kota AKP ANTONIUS F. GEA SH S.Ik.

Pukul 10.16 wita masa aksi tiba di Kantor Sat Reskrim Polres Bima Kota dan langsung melakukan audiensi yang diterima oleh Kasat Reskrim Polres Bima Kota AKP ANTONIUS F. GEA SH S.Ik dan penyidik Unit II Pidum Sat Reskrim an. BRIGADIR DAVID MISSA, Dalam kesempatan tersebut massa aksi mempertanyakan :

  • Sudah sejauh mana perkembangan penanganan kasus dari sdra. NUKRAN, S.Sos terkait kasus pengerusakan kantor Desa Rupe?
  • Terkait surat penetapan tersangka anggota DPRD Kab. Bima an. NUKRAN, S.Sos apa tidak lanjut kepastian hukumnya.
  • Terkait lambanya kasus tersebut apa yang menjadi kendala dan hambatan yang di hadapi oleh penyidik dalam penanganan kasus tersebut.

Adapun tanggapan dari Kasat Reskrim :

  • Terkait kasus tersebut pihak Reskrim telah mengirim berkas tahap I ke Kejaksaan Negeri Raba Bima dan untuk kepastian hukum masih menunggu hasil penelitian dari pihak kejaksaan, apakah berkas tersebut sudah lengkap atau belum kalau belum lengkap pihak kejaksaan akan mengeluarkan surat P19 dan apabila sudah lengkap akan mengeluarkan surat P21.
  • Terkait penetapan terlapor sebagai tersangka sudah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Reskrim dan untuk penetapan status selanjutnya masih menunggu dari pihak Kejaksaan Negeri Raba Bima.
  • Terkait keterlambatan penanganan kasus tersebut karena pihak Reskrim masih mengumpulkan alat bukti lain namun sekarang pihak Reskrim telah melengkapi alat bukti yang di perlukan dan sudah mengirim berkasnya ke Kejaksaan Negeri Raba Bima.

Setelah mendengar penjelasan dari Pihak Reskrim masa aksi menerima dan menyerahkan surat tuntutan dan pernyataan sikap kemudian sekira pukul 10.40 wita giat audiensi berakhir, selanjutnya masa aksi menuju Kantor DPRD Kab. Bima. Pukul 10.48 wita massa aksi tiba di Kantor DPRD Kab.Bima dan langsung melakukan orasi secara bergantian dengan tuntutan yang isinya :

  • Mendesak Ketua DPRD Kab. Bima dan Ketua BK DPRD Kab Bima agar memberhentikan sdra NUKRAH, S.Sos
  • Mendesak Ketua DPRD Lab. Bima agar mengajukan surat pemberhentian sebagai anggota DPRD an. NUKRAH S.Sos kepada Gubernur NTB.
  • Mendesak Ketua DPRD Kab. Bima dan Ketua BK agar segera Mencopot sdr NUKRAH, S.Sos sebagai anggota DPRD.

Pukul 11.20 wita masa aksi menyerahkan surat tuntutan dan pernyataan sikap terkait permasalahan yang dilakkukan oleh salah satu anggota DPRD Kab. Bima sdr. NUKRAH S.sos yang di terima oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Bima H. SYAMSUDIN SH. Pukul 11.28 wita giat unjuk rasa dari FPPSH berakhir berjalan aman dan tertib serta di lakukan Pengamanan terbuka oleh personil Polsek Rasanae Barat dan pengamanan tertutup oleh personil Sat IK Res Bima Kota yang di pimpin oleh Kanit Lantas Polsek Rasanae Barat IPTU BUDIHARJO.

You may be interested

Bedah Rumah Jilid II sukses, Masyarakat Apresiasi Polsek KP3 dan Komunitas Pelabuhan Lembar
Binkam
shares8 views
Binkam
shares8 views

Bedah Rumah Jilid II sukses, Masyarakat Apresiasi Polsek KP3 dan Komunitas Pelabuhan Lembar

Polres Lobar - Jul 24, 2017

[caption id="attachment_35713" align="alignnone" width="740"] Kondisi Rumah Papuk Munisah Sebelum Dibedah[/caption] [caption id="attachment_35714" align="alignnone" width="960"] setelah dibedah oleh Polsek Kawasan pelabuhan…

Rikkes Berkala  Polda NTB TA. 2017
Umum
shares7 views
Umum
shares7 views

Rikkes Berkala Polda NTB TA. 2017

dokes - Jul 24, 2017

[caption id="attachment_35707" align="alignnone" width="853"] Pengambilan sampel darah oleh petugas Laboratorium [/caption] Mataram - Kepolisian Polda Nusa Tengara Barat melaksanakan pemeriksaan…

Tingkatkan Kemampuan Operasional, Dit Sabhara Polda NTB Gelar Pelatihan Raimas
Headline
shares16 views
Headline
shares16 views

Tingkatkan Kemampuan Operasional, Dit Sabhara Polda NTB Gelar Pelatihan Raimas

adminpolda 7 - Jul 24, 2017

[caption id="attachment_35704" align="alignnone" width="600"] Personil Subdit Dalmas Dit Sabhara Polda NTB saat melaksanakan pelatihan raimas[/caption] Mataram – Tuntutan tugas dan…

Leave a Comment

Your email address will not be published.